6 Cara memperbaiki navigasi suara Google Maps yang tidak berfungsi di perangkat Android

6 Cara memperbaiki navigasi suara Google Maps yang tidak berfungsi di perangkat Android

Techno.id - Suara Google Maps membantu kamu menavigasi tempat yang tidak dikenal saat mengemudi tanpa harus melihat layar ponsel. Jika kamu berada dalam situasi yang membuat frustrasi di mana fitur navigasi suara tidak berfungsi di ponsel Android, ikuti langkah-langkah pemecahan masalah berikut ini.

1. Periksa pengaturan navigasi Google Maps

6 Cara memperbaiki navigasi suara Google Maps yang tidak berfungsi di perangkat Android foto: tangkapan layar

Mungkin kamu tidak sengaja menonaktifkan navigasi suara di Google Maps. Pastikan fitur diaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Google Maps di ponsel dan mulailah menavigasi ke tempat mana pun. Ketuk ikon suara atau speaker yang muncul di sebelah kanan layar untuk memastikannya tidak dimatikan. Pastikan volume ponsel juga dinaikkan.

2. Jika masih belum ada masukan audio, kembali ke layar utama Google Maps. Dari sini, ketuk ikon profil kamu di pojok kanan atas dan buka Pengaturan > Pengaturan Navigasi.

3. Di bawah bagian Suara, ketuk Tidak Dibisukan (untuk memastikan suara diaktifkan), diikuti dengan Normal atau Lebih Keras untuk volume panduan. Pastikan untuk mengaktifkan semua sakelar lain yang kamu lihat.

Dari menu yang sama, kamu juga dapat menyesuaikan bahasa asisten suara dan mengubah skema warna peta dan satuan jarak. Setelah itu, kembali dan mulailah menavigasi lagi untuk melihat apakah kamu mendapatkan instruksi suara.

3. Pastikan ponsel tidak dalam keadaan senyap

6 Cara memperbaiki navigasi suara Google Maps yang tidak berfungsi di perangkat Android foto: tangkapan layar

Kamu mungkin tidak mendengar navigasi suara Google Maps jika ponsel dalam mode senyap atau Jangan Ganggu. Untuk memperbaikinya, matikan Jangan Ganggu dan pastikan volume ponsel dinaikkan. Di beberapa ponsel, kamu dapat menonaktifkan suara per aplikasi, jadi periksa pengaturan volume yang sesuai.

Meskipun kamu dapat mendownload peta offline di Google Maps untuk navigasi offline, peta ini mungkin tidak memberi kamu navigasi suara dalam beberapa kasus. Jadi, pastikan ponsel terhubung ke internet jika tidak mendapatkan panduan suara apa pun.

3. Periksa perangkat output suara

6 Cara memperbaiki navigasi suara Google Maps yang tidak berfungsi di perangkat Android foto: tangkapan layar

Jika kamu memiliki perangkat audio nirkabel yang terhubung ke telepon, pastikan putar suara melalui Bluetooth diaktifkan di Pengaturan > Pengaturan Navigasi. Ini akan memastikan bahwa audio navigasi suara diputar melalui speaker yang terhubung dan bukan speaker ponsel.

Mungkin juga ada masalah dengan speaker di perangkat, earphone, atau sistem audio BT mobil kamu, jadi pastikan ponsel mengirim output audio ke yang benar. Jika telah menghubungkan ponsel ke beberapa perangkat audio, putuskan sambungan dan pastikan perangkat pilihan aktif.

Terakhir, jika kamu telah menggunakan trik apa pun untuk meningkatkan kualitas suara perangkat Android, nonaktifkan untuk melihat apakah itu membuat navigasi suara Google Maps berfungsi.

(brl/red)