6 Cara mempercepat koneksi internet, nomor 3 penting dilakukan

6 Cara mempercepat koneksi internet, nomor 3 penting dilakukan

Cara mempercepat koneksi internet

4. Ubah server DNS

6 Cara mempercepat koneksi internet, nomor 3 penting dilakukan foto: tangkapan layar

Sistem nama domain (DNS), seperti buku alamat internet. DNS menyelesaikan nama domain ke alamat IP server tempat data disimpan. Kecepatan pengoperasian server DNS berbeda secara signifikan. Server DNS yang lambat berarti penundaan yang lebih lama (lebih banyak latensi) saat mengakses situs web.

Terkadang, pilihan server DNS memengaruhi alamat IP mana yang dilayani, terutama ketika situs web menyebarkan beban lalu lintas mereka menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN). Secara default, kamu menggunakan server DNS yang ditetapkan penyedia layanan.

Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan server DNS yang disediakan Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) atau CloudFlare (1.1.1.1). Untuk hasil terbaik, jalankan tes sederhana untuk menemukan server DNS terbaik berdasarkan lokasi geografis kamu.

Cara terbaik untuk menerapkan perubahan DNS adalah di router. Dengan mengubah server DNS pada perangkat keras jaringan, kamu akan melihat peningkatan pada setiap perangkat yang terhubung dengannya. Alternatifnya adalah dengan mengubah server DNS di setiap perangkat yang kamu gunakan.

5. Perhatikan perangkat lunak

6 Cara mempercepat koneksi internet, nomor 3 penting dilakukan foto: tangkapan layar

Perangkat lunak juga dapat menyebabkan masalah kecepatan internet. Sesuatu mungkin banyak menggunakan koneksi saat berjalan di latar belakang. Pengguna Windows dapat meluncurkan Task Manager (Ctrl+Alt+Del) untuk melihat daftar proses yang sedang berjalan.

Urutkan berdasarkan kolom Jaringan untuk melihat proses mana yang menggunakan koneksi jaringan. Nonaktifkan apa pun yang tidak dibutuhkan. Sementara di MacBook, kamu dapat melakukan hal yang sama dengan meluncurkan Activity Monitor, menavigasi ke tab Network, dan kemudian mengurutkan berdasarkan Sent Bytes untuk upstream atau Rcvd Bytes untuk downstream. Untuk sistem Windows dan MacBook, penting untuk mengidentifikasi prosesnya sehingga kamu dapat memahami mengapa perangkat lunak menggunakan koneksi.

Malware dan virus juga dapat menjadi sumber aktivitas jaringan yang tidak diinginkan, terutama pada perangkat Windows. Jalankan pemindaian virus di Windows secara teratur untuk melindungi peranglat kamu. Pengguna MacBook dapat melihat alat anti-malware yang dirancang untuk MacBook. Pengguna Linux umumnya tidak perlu khawatir tentang malware.

Jika komputer kamu lambat secara umum, penjelajahan kemungkinan besar juga akan lamban. Membatasi jumlah tab yang kamu buka secara bersamaan dapat membantu. Kamu juga harus mempertahankan buffer 10-20 GB ruang kosong di hard drive setiap saat. Di perangkat selular, Opera Mini memberikan pengalaman menjelajah yang lebih cepat, terutama di perangkat lama.

6. ISP membatasi, gunakan VPN

6 Cara mempercepat koneksi internet, nomor 3 penting dilakukan foto: freepik/rsplaneta

Pelambatan bisa terjadi ketika ISP kamu membatasi jenis lalu lintas tertentu. Misalnya, membatasi aktivitas intensif data, seperti berbagi file dan streaming video. Itu juga dapat membatasi jenis lalu lintas tertentu seperti transfer BitTorrent atau seluruh domain seperti YouTube.com.

Jika kinerja sangat buruk ketika kamu melakukan beberapa hal secara online, ISP mungkin membatasi koneksi. Misalnya, kamu mengalami streaming yang lambat saat mencoba menonton video, tetapi penelusuran web dimuat dalam sekejap. Kamu dapat dengan mudah menguji apakah dibatasi dengan menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk mengaburkan aktivitas online kamu.

Menghubungkan ke VPN akan menyebabkan kecepatan internet kamu agak melambat. Berapa banyak tergantung pada seberapa jauh kamu dari server. Kamu dapat memperbaikinya dengan memilih penyedia VPN dengan server terdekat dengan lokasi geografis kamu.

Cobalah untuk mengisolasi aktivitas mana yang menyebabkan perlambatan. Hubungkan ke VPN, lalu coba aktivitas tersebut lagi. Jika tidak ada perbedaan yang terlihat, kemungkinan besar kamu tidak dibatasi. Namun, jika melihat segala sesuatunya berjalan jauh lebih lancar di belakang VPN, itu artinya ISP kamu memberikan Batasan.

Jika kamu merasa kecepatan internet yang kamu dapatkan sangat lambat, jauh lebih rendah dari paket berlangganan yang kamu bayarkan, saatnya untuk berbicara dengan penyedia layanan (ISP). Demikian pula, jika kamu mencurigai sedang dibatasi, kamu bisa menghubungi mereka. Beri tahu ISP bahwa kamu tidak puas dengan tingkat layanan yang kamu terima.

(brl/red)