6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan

6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan

Techno.id - Akan selalu ada situasi ketika ponsel Android terlalu panas, jadi mengetahui cara mendinginkan perangkat yang panas adalah suatu keharusan. Hal pertama yang harus diketahui dalam tutorial ini adalah penyebab overheating. Ini akan menentukan di mana masalah berada, yang akan membantu kamu menemukan solusi yang tepat.

1. Periksa aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai

6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Panas berlebih dan daya baterai sering dihubungkan. CPU dan aplikasi intensif grafis (terutama game) akan memberi tekanan ekstra pada komponen-komponen tersebut, memanaskannya serta menyebabkan baterai habis. Jika kamu menemukan aplikasi yang menguras baterai paling banyak, mungkin itulah aplikasi yang menyebabkan panas berlebih.

Untuk melacaknya cukup sederhana, karena Android memiliki fitur manajemen baterai bawaan yang baik. Di ponsel, buka Pengaturan -> Baterai -> Penggunaan baterai. Langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada model ponsel.

Opsi ini akan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai di ponsel. Tidak dapat dihindari bahwa browser web akan berperingkat tinggi. Ada kemungkinan beberapa aplikasi ini berjalan di latar belakang dan memanaskan ponsel tanpa kamu sadari. Pastikan kamu menutup aplikasi Android dengan benar setiap kali selesai menggunakannya.

Jika melihat aplikasi tertentu memonopoli jumlah baterai yang tidak biasa, kamu harus tahu bahwa kamu memiliki opsi untuk mengubah cara aplikasi menggunakan baterai. Ketuk aplikasi dari daftar untuk membuka menu yang menampilkan tiga opsi.

Tidak dibatasi - memungkinkan penggunaan baterai di latar belakang tanpa batasan tetapi dapat menggunakan lebih banyak baterai.

Dioptimalkan optimalkan berdasarkan penggunaan kamu.

Terbatas batasi penggunaan baterai di latar belakang.

Jika kamu berurusan dengan perangkat yang terlalu panas, pilihan terbaik adalah memilih Dibatasi atau Dioptimalkan.

2. Kurangi penggunaan Bluetooth, Wi-Fi, dan data selular

6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan foto: freepik/georgejmclittle

Ponsel cerdas yang terlalu panas mungkin disebabkan terlalu sering menggunakan layanan online, seperti Wi-Fi dan data selular. Sebenarnya, beberapa aplikasi yang telah kamu identifikasi pada langkah sebelumnya mungkin memanfaatkan sumber daya ini di latar belakang dan memanaskan perangkat dalam prosesnya. Coba matikan Wi-Fi, data selular, dan bahkan Bluetooth untuk sementara dan lihat apakah itu membuat perbedaan. Jika kamu telah menyiapkan hotspot selular, sebaiknya nonaktifkan juga.

3. Simpan perangkat di tempat yang sejuk

6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan foto: freepik/satapornc

Di mana kamu meletakkan perangkat juga penting ketika mencoba mendinginkannya. Tidak ada gunanya menggunakan Cooler Master jika kamu meletakkannya di dekat jendela di mana ada sinar matahari langsung. Untuk alasan ini, cobalah untuk tidak meninggalkan ponsel tergeletak di dasbor mobil, misalnya, atau di atas meja piknik. Simpan di dalam tas sebagai gantinya yang memberikan perlindungan.

Untuk lebih mendinginkan perangkat, coba keluarkan dari casing agar panas cepat keluar. Banyak ponsel tidak memiliki aliran udara yang baik, yang dapat menyebabkan terlalu panas dengan cepat, terutama jika menggunakan casing yang memiliki kecenderungan menahan panas.

Sangat disarankan untuk berhenti menggunakan ponsel saat kamu berada di luar dalam panas untuk jangka waktu yang lebih lama atau saat menyalakan beberapa aplikasi, termasuk game intensif.

4. Aktifkan mode pesawat sampai ponsel dingin

6 Cara mendinginkan perangkat Android yang terlalu panas, nomor 6 wajib diperhatikan foto: freepik/eyeem

Jika ponsel masih terasa hangat bagi, pertimbangkan untuk beralih ke Mode Pesawat sampai dingin. Kamu dapat melakukannya dengan membuka menu kontrol cepat dari bagian atas layar dan mengaktifkan sakelar Airplane Mode.

Atau, berikan batas waktu pada ponsel dengan mematikan sepenuhnya. Biarkan selama beberapa menit, yang akan mendinginkannya lagi sehingga kamu dapat menyalakannya kembali.

(brl/red)