6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan

Techno.id - Saat ini sudah tidak asing lagi dengan smartphone Android yang memboyong layar besar. Tentu saja dengan dimensi smartphone yang saat ini rata-rata memiliki layar besar, ditambah lagi dengan kapasitas baterai yang juga relatif besar, untuk mengoperasikannya dibutuhkan dua tangan. Karena secara bobot, smartphone saat ini lebih berat dari generasi sebelumnya. Namun ada banyak cara untuk membuat ponsel Android layar besar lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Begini caranya.

1. Instal peluncur berbeda

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: play.google.com/niagara laucher

Salah satu keuntungan perangkat Android adalah dapat menukar hampir seluruh antarmuka. Selain peluncur default yang disematkan di ponsel, saat ini ada beberapa alternatif aplikasi yang mungkin jauh lebih cocok untuk penggunaan satu tangan.

Sebut saja Niagara Launcher di mana aplikasi ini bisa memudahkan kamu menavigasi ponsel dengan satu jempol. Tak heran jika Niagara Launcher ideal untuk ponsel besar. Kamu juga bisa menggesek sepanjang sisi ponsel untuk menelusuri laci aplikasi. Tidak masalah apakah kamu kidal atau kanan, menggesek kedua sisi layar juga bisa dilakukan.

Ada juga peluncur lain yang dapat memberi kamu kemampuan menyesuaikan sendiri setiap aspek antarmuka. Sebut saja Nova Launcher, salah satu peluncur yang paling dapat disesuaikan. Kamu dapat mengonfigurasi berbagai hal untuk membuat semuanya dapat diakses dari bagian bawah layar.

2. Pindahkan bilah pencarian dan ikon aplikasi ke bawah

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Saat ponsel semakin tinggi atau layar yang besar, bilah pencarian yang terletak di bagian atas semakin sulit diakses. Kamu dapat memindahkan bilah pencarian ke bagian bawah layar.

Beberapa peluncur memiliki bilah pencarian yang dapat dipindahkan melalui pengaturan. Di tempat lain, bilah pencarian adalah widget. Kamu dapat menempatkan widget itu di mana pun kamu mau. Saat melakukannya, tempatkan ikon yang paling sering kamu gunakan di bagian bawah juga yang mudah dijangkau di sudut kanan atau kiri bawah.

3. Pindahkan bilah browser ke bawah

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: play.google.com/vivaldi

Saat menggunakan browser di ponsel, bilah alamat dan tab umumnya juga berada di bagian atas seperti browser di desktop dan laptop. Tetapi ponsel bukan desktop, dan bagian atas bukanlah tempat yang ideal untuk bagian-bagian antarmuka ini. Pindahkan ke bawah sebagai gantinya.

Browser Internet Samsung adalah salah satu yang paling dapat dikonfigurasi. Memindahkan UI ke bawah adalah salah satu opsi yang tersedia. Kamu juga dapat memindahkan tab browser ke bawah jika menggunakan Vivaldi browser.

(brl/red)