6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan

6 Cara mengoperasikan ponsel dengan satu tangan

4. Coba tips khusus Samsung Galaxy

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: play.google.com/good lock

Ponsel Samsung hadir dengan banyak opsi penyesuaian, tetapi kamu bisa mendapatkan lebih banyak lagi dengan menginstal aplikasi Good Lock. Ini adalah aplikasi opsional dari Samsung yang memungkinkan kamu mengonfigurasi hampir setiap aspek ponsel.

Good Lock memungkinkan kamu mengubah tampilan aplikasi. Secara default Good Lock menampilkan tiga aplikasi sekaligus, yang bisa kamu geser secara horizontal. Good Lock juga menawarkan tampilan kisi yang menggandakan jumlah aplikasi yang terlihat sekaligus.

Kamu dapat membuat enam aplikasi mudah dijangkau dengan mengaktifkan Mode Mini. Opsi ini mengecilkan thumbnail ke bawah sehingga kamu dapat memuat dua baris di bagian bawah layar.

Bahkan ada seluruh modul yang disebut One Hand Operation+. Di sini, kamu dapat menggeser sebagian besar kontrol ke sisi layar. Misalnya, selain menggesek secara horizontal dari samping untuk kembali, kamu dapat menggesek ke bawah secara diagonal untuk kembali ke home atau menggesek ke atas secara diagonal untuk melihat aplikasi terbaru.

Bahkan tanpa aplikasi Good Lock, kamu dapat mengubah gerakan yang digunakan untuk menavigasi antar aplikasi. Samsung masih mengirimkan ponsel dengan tombol virtual di bagian bawah layar, tetapi kamu dapat menggantinya dengan navigasi gerakan seperti yang ada di Pixel dan iPhone.

Ada juga opsi berbasis gerakan lain yang disebut Swipe from Bottom. Menggesek dari kanan bawah untuk kembali. Menggeser ke atas dari kiri bawah akan membuka aplikasi terbaru. Kamu dapat menemukan opsi ini di Pengaturan > bilah Tampilan > Navigasi > Gerakan Gesek > Opsi Lainnya > Gesek dari Bawah.

Samsung juga menawarkan panel tepi, yang berfungsi sebagai dok yang berada di sisi layar, bukan di bagian bawah. Kamu dapat membuka panel tepi untuk mengelola aplikasi, melihat kontak, mengakses catatan, melihat tangkapan layar, dan banyak lagi. Kamu dapat mengonfigurasi ini di panel Pengaturan > Tampilan > Edge.

5. Lihat mode satu tangan

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: freepik/eyeem

Banyak ponsel hadir dengan mode satu tangan yang mengecilkan layar ponsel yang terselip di sudut kiri atau kanan bawah. Dengan cara ini, untuk mencapai bagian atas layar, kamu tidak harus mencapai bagian atas layar. Ada banyak orang yang menggunakan mode satu tangan untuk membuat ponsel mereka mudah digunakan.

6. Menggunakan ponsel dengan suara

6 Cara menggunakan ponsel Android layar besar dengan satu tangan foto: freepik

Transkripsi suara sekarang sangat bagus. Tidak peduli ponsel apa yang kamu gunakan. Ada tombol mikrofon yang terlihat di suatu tempat di keyboard virtual. Ketuk, dan mulailah berbicara kapan pun kamu perlu mengetik. Perintah suara sangat cocok untuk pencarian web dan navigasi di dalam mobil. Dengan kata lain, jangan repot-repot mengetuk setiap sudut layar ketika kamu bisa berbicara dengan ponsel.

(brl/red)