6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan sampai mati total terlalu lama

6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan sampai mati total terlalu lama

6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone

4. Jangan biarkan iPhone diisi daya semalaman

6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan sampai mati total terlalu lama foto: jofreepik

Banyak orang mengisi daya ponsel mereka semalaman. Namun, kebiasaan tersebut berakibat buruk karena mengisi daya iPhone secara berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai rusak dan mengurangi masa pakai ponsel.

Pengisian daya yang berlebihan akan merusak baterai karena memaksa lebih banyak arus masuk ke dalam sel yang sudah penuh daripada yang dirancang untuk menampungnya. Kondisi ini sama saja membiarkan iPhone kamu menghabiskan sebagian besar waktu sepanjang malam dengan pengisian daya 100%, yang berdampak buruk bagi kesehatan baterainya.

Untungnya, ada fitur pengisian daya baterai bawaan yang dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat mengaktifkannya dengan masuk ke Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai & Pengisian Daya dan mengaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan.

Jika kamu men-charge ponsel pada waktu yang kurang lebih sama setiap hari, iPhone akan mempelajari pola ini dan menghindari pengisian daya hingga 100%.

5. Jangan gunakan ponsel saat sedang diisi daya

6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan sampai mati total terlalu lama foto: freepik/pvproductions

Hindari bermain game saat mengisi daya. Game multipemain, khususnya, cenderung menyebabkan iPhone terlalu panas. Karena itu sebaiknya biarkan iPhone mengisi daya dan jangan digunakan pada saat yang sama untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

Selain itu saat baterai diisi daya dan pada saat yang sama terus digunakan akan meningkatkan suhu. Sebab, saat iPhone diisi daya sudah menimbulkan panas, ditambah lagi kamu tetap menggunakannya, maka akan menambah suhu pada perangkat.

6. Perbarui iOS

6 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, jangan biarkan sampai mati total terlalu lama foto: freepik/rawpixel

Cara utama untuk menjaga kesehatan baterai iPhone adalah dengan memperbarui sistem operasi perangkat. Seiring berjalannya waktu, iPhone akan menerima pembaruan perangkat lunak yang meningkatkan kecepatan dan kinerjanya. Cara ini membuat baterai tetap dalam kondisi yang baik dalam jangka panjang.

Selain itu, pembaruan ini sering kali dilengkapi dengan fitur penghemat baterai baru. Misalnya, pengenalan Waktu Layar di salah satu pembaruan membantu melacak berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di perangkat mereka dan aplikasi mana yang paling sering mereka gunakan.

Pengguna kemudian dapat menyesuaikan kebiasaan harian mereka untuk memastikan mereka tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel.

Untuk mengetahui pembaruan, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa apakah pembaruan tersedia untuk perangkat kamu.

(brl/red)