6 Langkah untuk memastikan kamu tidak pernah kehilangan file atau data di Microsoft Office

6 Langkah untuk memastikan kamu tidak pernah kehilangan file atau data di Microsoft Office

Techno.id - Dokumen Microsoft Office dapat mencakup file apa saja mulai dari rencana bisnis hingga dokumen kerja. Karena itu kehilangan file pekerjaan bisa membuat stres.Untungnya, tidak sulit untuk memastikan bahwa masalah ini tidak pernah terjadi. Berikut adalah enam langkah yang dapat kamu lakukan untuk memastikan file pekerjaan tetap aman.

1. Memiliki salinan

6 Langkah untuk memastikan kamu tidak pernah kehilangan file atau data di Microsoft Office foto: freepik/rawpixel.com

Jika ada yang tahu tentang risiko kehilangan data, itu adalah mereka yang bekerja di bidang TI. Mereka memiliki dua pepatah yang perlu diingat. Hanya ada dua jenis orang di dunia, mereka yang kehilangan data, dan mereka yang akan kehilangan data. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya kamu memiliki salinan data. Misalnya, salinan cadangan di drive eksternal di rumah atau kantor.

2. Pastikan simpan otomatis diaktifkan

6 Langkah untuk memastikan kamu tidak pernah kehilangan file atau data di Microsoft Office foto: freepik/kjpargeter

Opsi ini hanya tersedia jika kamu memiliki langganan Microsoft 365. Cari saja sakelar Simpan Otomatis di kiri atas jendela dan geser ke atas. Simpan Otomatis mengharuskan dokumen disimpan di OneDrive, atau ke folder Sharepoint. Jadi jika dokumen belum disimpan di salah satu tempat tersebut, buka File > Simpan Sebagai, lalu pilih OneDrive. Kamu harus masuk ke akun Microsoft untuk melihat opsi ini, dan jika masih tidak terlihat, pilih opsi Tambahkan Tempat. Kamu kemudian harus melanjutkan pekerjaan dalam versi ini, sehingga terlindungi.

3. Mengaktifkan pencadangan OneDrive

6 Langkah untuk memastikan kamu tidak pernah kehilangan file atau data di Microsoft Office foto: freepik/rawpixel.com

Jika mengerjakan dokumen yang disimpan secara lokal di PC Windows atau MacBook, kamu dapat memastikan seluruh folder dicadangkan ke OneDrive. Kamu hanya perlu melakukan ini sekali, dan kemudian jika terjadi sesuatu pada perangkat, kamu akan memiliki cadangan online.

Windows

1. Klik ikon OneDrive (cloud) di baki sistem untuk membuka OneDrive.

2. Klik ikon roda gigi, kanan atas, lalu pilih Pengaturan.

3. Klik pada tab Sinkronisasi dan Pencadangan, lalu tombol Kelola Pencadangan.

4. Periksa apakah folder yang kamu gunakan (misalnya, Dokumen) sedang dicadangkan. Jika tidak, cukup aktifkan.

Jika menggunakan Windows 11, kamu mungkin menemukan fitur ini aktif secara default.

MacBook

1. Kamu perlu menggunakan aplikasi OneDrive mandiri, dan ini harus versi yang diunduh dari situs web Microsoft. Versi Mac App Store tidak akan berfungsi untuk ini.

2. Setelah menginstal aplikasi, kamu harus memberinya akses disk penuh.

3. Klik menu Apple di kiri atas, lalu Pengaturan Sistem.

4. Klik Privasi & Keamanan lalu gulir ke bawah ke Akses Disk Penuh dan klik itu atau cari saja Akses Disk Penuh di bilah pencarian pengaturan.

5. Aktifkan OneDrive.

6. OneDrive berada di bilah menu MacBook dan ditampilkan sebagai ikon awan. Klik ini, lalu menu tiga titik.

7. Kemudian Preferensi > Backup > Manage Backup. Jika folder kamu ditampilkan sebagai File Dicadangkan, maka semuanya baik-baik saja. Jika tidak, cukup klik opsi Mulai Pencadangan untuk folder yang kamu inginkan.

(brl/red)