6 Penyebab Google Chrome sangat lemot, begini cara mempercepatnya

6 Penyebab Google Chrome sangat lemot, begini cara mempercepatnya

Techno.id - Google Chrome adalah web browser terkemuka berdasarkan penggunaan. Namun terlepas dari browser mana yang kamu gunakan, jika mengalami perlambatan, tentu saja bisa sangat membuat frustrasi. Sebab sebagian besar pekerjaan sehari-hari kita di komputer ada di browser, apakah itu memeriksa email atau menonton YouTube.

Meskipun beberapa aktivitas tersebut dapat dilakukan di aplikasi khusus, namun banyak orang lebih suka melakukan semuanya dalam satu aplikasi yakni melalui browser. Ada banyak kemungkinan alasan mengapa browser Google Chrome lambat, seperti terlalu banyak tab terbuka, ekstensi yang memonopoli memori komputer, malware, atau file internet sementara yang memperlambatnya.

Nah untuk mengetahuinya, kamu perlu menentukan mana dari banyak kemungkinan penyebab perlambatan Chrome. Setelah itu ditentukan solusi untuk masing-masing masalah. Namun bisa juga disebabkan faktor eksternal seperti kecepatan internet dan serangan malware. Berikut cara mengetahui penyebab Google Chrome lambat dan cara mengatasinya.

1. Terlalu banyak tab yang terbuka

6 Penyebab Google Chrome sangat lemot, begini cara mempercepatnya foto: tangkapan layar/google chrome

Salah satu penyebab paling umum dari perlambatan Chrome adalah tab. Banyak dari kita tidak suka menutup tab selama sesi browsing, dan ini dapat menyebabkan banyak tab terbuka sekaligus. Jika kamu mengalami perlambatan, hal pertama yang dapat kamu periksa adalah apakah kamu memiliki tab terbuka yang tidak dibutuhkan.

Setelah menguranginya seminimal mungkin, jika Chrome masih lambat, arahkan kursor ke setiap header tab, tunggu sebentar hingga pratinjau tab muncul, dan periksa penggunaan memori untuk masing-masing tab. Kamu dapat menutup tab yang menggunakan memori paling banyak.

Jika ingin menggunakan lebih banyak tab sekaligus, kamu memiliki tiga opsi. Opsi pertama adalah mengaktifkan Memory Saver melalui menu tiga titik di kanan atas Chrome dan memilih Settings > Performance. Jika ini membantu meningkatkan jumlah tab yang digunakan sekaligus, kamu memiliki yang terbaik. Jika tidak, ada opsi kedua, tingkatkan jumlah RAM di komputer. Sedangkan opsi ketiga, kamu dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan PC dengan lebih banyak RAM.

2. Periksa ekstensi

6 Penyebab Google Chrome sangat lemot, begini cara mempercepatnya foto: tangkapan layar/google chrome

Ekstensi dapat bermanfaat, namun menggunakan memori dan dapat menyebabkan perlambatan. Salah satu cara untuk memeriksa apakah ekstensi sebagai penyebabnya, periksa berapa banyak memori yang digunakan.

Klik ikon tiga titik di kanan atas Chrome, buka Alat Lainnya, lalu pilih pengelola tugas. Di sini, kamu akan dapat melihat penggunaan memori, CPU, dan jaringan dari setiap tab dan ekstensi. Setelah mengidentifikasi CPU dengan memori terbesar, kamu dapat mengklik prosesnya, lalu klik End Process di kanan bawah jendela Task Manager.

Kamu juga dapat mematikan ekstensi dengan membuka menu Ekstensi (ikon potongan puzzle) di sebelah kanan bilah navigasi di bagian atas Chrome, mengklik ikon tiga titik di sebelah ekstensi yang relevan, mengklik Kelola Ekstensi, lalu di tab yang terbuka, alihkan sakelar Aktif ke Nonaktif. Kamu juga dapat menghapus ekstensi dengan memilih Hapus dari Chrome saat mengklik ikon tiga titik.

Jika pemanfaatan memori ekstensi bukan penyebabnya, ekstensi mungkin masih berinteraksi buruk dengan satu atau lebih situs web yang kamu gunakan secara teratur. Coba matikan semuanya, dan jika perlambatan hilang, coba nyalakan satu per satu, hingga perlambatan terjadi Kembali. Dengan cara ini, kamu dapat menentukan ekstensi yang bermasalah.

Terakhir, kamu dapat mengunjungi laman Bantuan > Bantuan Google Chrome, dan melihat apakah ada laporan tentang ekstensi kamu yang menyebabkan masalah.

3. Chrome perlu diperbarui

6 Penyebab Google Chrome sangat lemot, begini cara mempercepatnya foto: tangkapan layar/google chrome

Alasan lain Chrome mungkin lambat adalah karena sudah ketinggalan zaman, macet pada versi yang lebih lama. Chrome versi terbaru sering kali menghadirkan perbaikan performa, selain perbaikan keamanan dan perbaikan bug lainnya. Jadi, masalah perlambatan yang ada pada versi yang lebih lama dapat diselesaikan secara mudah dengan pembaruan Chrome.

Meskipun Chrome biasanya memperbarui dirinya sendiri, Chrome mungkin tidak melakukannya karena beberapa alasan, termasuk jika kamu belum mematikan browser untuk sementara waktu karena Chrome memerlukan mulai ulang untuk memperbarui.

Periksa sudut kanan atas Chrome. Jika melihat tombol Perbarui, ini menunjukkan browser memang memerlukan pembaruan. Klik tombolnya, dan kamu akan melihat menu pop-up yang menanyakan apakah kamu ingin luncurkan kembali browser untuk menerapkan pembaruan. Ini juga memberi kamu opsi Tidak sekarang, jika kamu belum siap untuk memulai ulang. Pembaruan kemudian akan diterapkan saat kamu memulai Chrome berikutnya.

Jika tombol Perbarui tidak terlihat, kamu dapat memeriksa apakah Chrome sudah diperbarui dengan membuka ikon tiga titik, mengklik Bantuan, lalu mengklik Tentang Google Chrome. Di halaman ini kamu akan melihat nomor versi Chrome.

Jika terhubung ke internet, Chrome akan secara otomatis memeriksa untuk melihat apakah sudah diperbarui. Ini akan mulai mengunduh pembaruan jika belum, dan setelah selesai, akan meminta kamu untuk meluncurkan kembali. Jika kamu mengklik ini, browser akan mencoba memuat ulang sesi kamu, tetapi kamu mungkin kehilangan beberapa data dari tab yang terbuka.

(brl/red)