6 Penyebab smartphone lambat mengisi daya, nomor 5 paling sering dilakukan

6 Penyebab smartphone lambat mengisi daya, nomor 5 paling sering dilakukan

Techno.id - Apakah ponsel kamu membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya? Setelah kamu mencolokkannya, dan butuh berjam-jam berlalu, namun baterai belum mencapai 50%. Tentu saja kondisi tersebut bikin kesal. Karena itu kamu perlu mencari tahu mengapa smartphone kamu lambat mengisi daya. Berikut beberapa penyebabnya.

1. Aksesori pengisi daya rusak atau berkualitas buruk

6 Penyebab smartphone lambat mengisi daya, nomor 5 paling sering dilakukan foto: freepik/vershinin89

Kualitas dan kondisi aksesori pengisi daya sangat penting dalam seberapa cepat dan efisien pengisian daya ponsel. Idealnya, kamu harus menggunakan pengisi daya bawaan yang disertakan dengan ponsel. Kabel pengisi daya sama pentingnya. Selama bertahun-tahun, kabel mengalami keausan, terutama di sekitar ujung steker.

Kabel yang terbuka tidak hanya berisiko keamanan tetapi juga akan sangat memperlambat kecepatan pengisian daya. Bahkan kabel yang rusak di dalamnya dapat menyebabkan pengisian daya terputus-putus atau lamban.

Terakhir, faktor lingkungan juga dapat menurunkan perlengkapan pengisian daya dari waktu ke waktu. Suhu ekstrem, kelembaban, dan tekanan fisik merusak kabel dan adaptor. Jadi, perhatikan bagaimana dan di mana kamu harus menyimpan aksesori pengisi daya saat tidak digunakan.

2. Port pengisian daya di ponsel bermasalah

6 Penyebab smartphone lambat mengisi daya, nomor 5 paling sering dilakukan foto: freepik/goodmood_studio

Port pengisian daya sangat penting untuk mengisi daya ponsel, sehingga masalah apa pun dapat memperlambat segalanya. Salah satu masalah umum adalah serat dan kotoran lainnya. Saat ponsel berada di saku dan tas, sangat mungkin akan membawa kotoran, pasir, dan partikel kecil lainnya ke dalam port pengisian daya. Itu dapat menghalangi pengisi daya, mengakibatkan kontak yang buruk dan kecepatan pengisian yang lebih lambat.

Kerusakan akibat kelembaban adalah penyebab potensial lainnya. Jika ponsel kamu sering terkena basah atau lembab, kontak logam di port dapat berkarat yang bisa menjadi isolasi, menghambat aliran listrik dan memperlambat pengisian daya.

3. Aplikasi latar belakang yang menguras baterai

6 Penyebab smartphone lambat mengisi daya, nomor 5 paling sering dilakukan foto: freepik

Smartphone modern dirancang untuk multitasking, memungkinkan banyak aplikasi berjalan secara bersamaan. Namun, kenyamanan ini ada harganya. Aplikasi terus beroperasi di latar belakang, menyegarkan konten, melacak lokasi, atau melakukan tugas lain bahkan saat kamu tidak menggunakannya secara aktif.

Masalahnya diperburuk oleh fakta bahwa beberapa aplikasi tidak dioptimalkan dengan baik atau memiliki bug yang menyebabkannya menggunakan lebih banyak daya daripada yang diperlukan. Dalam kasus ekstrim, satu aplikasi yang berperilaku buruk dapat menghabiskan banyak energi.

Selain itu, proses latar belakang tidak terbatas pada aplikasi pihak ketiga. Layanan tingkat sistem, seperti pembaruan otomatis dan sinkronisasi cloud, juga dapat berkontribusi pada pengurasan baterai. Meskipun proses ini penting untuk berfungsinya perangkat, proses ini dapat memengaruhi kecepatan pengisian daya secara signifikan.

Periksa pengaturan ponsel untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan baterai. Sebagian besar ponsel memudahkan untuk menemukan penguras baterai. Kemudian, kamu dapat membatasi aplikasi tertentu agar tidak berjalan di latar belakang. Pertimbangkan juga untuk mengaktifkan mode hemat daya saat mengisi daya, untuk membatasi tindakan latar belakang dan meningkatkan kecepatan pengisian daya.

(brl/red)