6 Persiapan yang perlu kamu lakukan di smartphone sebelum bepergian ke luar negeri

6 Persiapan yang perlu kamu lakukan di smartphone sebelum bepergian ke luar negeri

Techno.id - Selain menyiapkan paspor atau dokumen perjalanan serta kartu kredit atau budget, tentu saja smartphone yang akan kamu bawa untuk perjalanan ke luar negeri juga perlu diperhitungkan. Maklum, sebagai perangkat yang digunakan sehari-hari, smartphone merupakan alat yang penting saat kamu melakukan traveling, khususnya ke luar negeri.

Lewat smartphone kamu bisa memeriksa status penerbangan, mengambil gambar, dan menelepon. Kamu juga akan mengandalkan banyak aplikasi untuk bertahan hidup di negara lain. Sebut saja aplikasi peta untuk berkeliling, aplikasi bahasa untuk berkomunikasi dengan penduduk setempat, aplikasi pemesanan akomodasi dan transportasi.

Karena begitu pentingnya ponsel dalam perjalanan ke luar negeri, sudah sepantasnya kamu memastikan perangkat tersebut berfungsi dengan baik begitu kamu tiba di negeri asing. Tentu kamu tidak ingin stres pada hari pertama liburan karena ponsel tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu bepergian ke luar negeri, berikut enam faktor yang perlu kamu lakukan dalam menyiapkan ponsel untuk perjalanan internasional.

1. Siapkan kartu SIM untuk digunakan di luar negeri

6 Persiapan yang perlu kamu lakukan di smartphone sebelum bepergian ke luar negeri foto: freepik/aon_freepik

Menggunakan kartu SIM perangkat di negara lain adalah pengalaman yang sama sekali berbeda daripada menggunakannya di rumah. Jika kamu menyalakan data seluler atau melakukan panggilan kembali ke rumah tanpa mengatur apa pun di perangkat sebelum naik ke pesawat, jangan terkejut jika kuota data kamu untuk kartu prabayar akan cepat habis atau kamu akan mendapat tagihan besar saat kembali jika kamu menggunakan kartu pascabayar.

Hal itu disebabkan biaya roaming yang jumlahnya sangat tergantung pada negara tujuan. Bisa dibayangkan betapa besarnya biaya yang harus kamu keluarkan untuk menonton YouTube dengan format 1080p hanya selama satu jam.

Jika kamu masih ingin menggunakan kartu SIM yang kamu pakai saat ini saat berada di luar negeri, periksa apakah paket kamu saat ini memiliki manfaat roaming internasional. Tanyakan kepada penyedia layanan untuk memastikannya.

Jika paket kamu terbatas untuk penggunaan domestik, maka harus mendapatkan paket internasional dari operator. Ini akan memungkinkan kamu mengirim SMS, menelepon, dan menggunakan data tanpa biaya yang menguras dompet.

Sementara itu, jika paket kamu memiliki manfaat roaming internasional, tetapi terbatas, misalnya batas data kecil atau kecepatan lambat, kamu juga dapat menambahkan paket roaming ekstra. Untuk mendapatkan paket atau pass roaming internasional, hubungi operator kamu atau kunjungi situs web mereka, karena mereka biasanya memiliki instruksi untuk menambahkan paket atau pass tersebut.

2. Nonaktifkan sementara layanan seluler

6 Persiapan yang perlu kamu lakukan di smartphone sebelum bepergian ke luar negeri foto: freepik/tete_escape

Jika ingin bermain aman dan berhenti menggunakan layanan seluler sama sekali, kamu dapat memilih untuk menonaktifkannya sementara di ponsel. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mematikan roaming data di iPhone atau perangkat Android.

Untuk menonaktifkan roaming data di iPhone, buka Pengaturan dan arahkan ke Seluler (atau Layanan Seluler). Nyalakan Data Seluler jika kamu belum melakukannya. Kemudian, pilih Opsi Data Seluler dan matikan opsi untuk Roaming Data.

Di Android, luncurkan Pengaturan, ketik roaming di bilah pencarian, dan matikan. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menempatkan perangkat kamu dalam mode pesawat. Cara ini mencegah kamu menyalakan dan menggunakan data seluler secara tidak sengaja. Cukup buka Pusat Kontrol di iPhone dan Pengaturan Cepat di Android lalu ketuk ikon pesawat.

Jika benar-benar ingin menjamin bahwa kamu tidak akan menggunakan data apa pun saat berada di luar negeri, cukup keluarkan kartu SIM fisik dan simpan di tempat yang aman sampai kamu kembali ke rumah dan siap untuk memasukkannya lagi. Namun, untuk pengguna eSIM, kamu tidak dapat langsung menghapus eSIM, karena ini berpotensi menonaktifkan nomor telepon terkait untuk selamanya. Yang dapat kamu lakukan adalah mematikan opsi roaming data dan mengaktifkan mode pesawat.

Jadi sekarang, tanpa layanan seluler, bagaimana bisa mengirim pesan dan menjelajahi web? Nah, yang benar-benar kamu butuhkan hanyalah jaringan Wi-Fi. Bahkan dengan mode pesawat aktif, kamu masih dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tersedia di hotel. Kamu juga bisa mennggunakan hotspot Wi-Fi portabel dengan jangkauan internasional.

3. Pastikan ponsel kamu kompatibel dengan kartu SIM lokal

6 Persiapan yang perlu kamu lakukan di smartphone sebelum bepergian ke luar negeri foto: freepik/kuprevich

Terhubung ke internet saat berada di luar negeri akan jauh lebih mudah jika kamu menggunakan kartu SIM lokal. Namun, penting untuk memverifikasi kompatibilitas ponsel yang kamu gunakan. Harus diperiksa apakah perangkat kamu tidak terkunci, artinya kamu dapat menggunakannya dengan operator mana pun. Jika kamu lebih suka menggunakan eSIM, periksa juga apakah ponsel kamu mendukungnya.

Di iPhone, buka Pengaturan > Umum > Tentang. Akan ada pesan Tidak ada batasan SIM untuk info Kunci Operator. Sementara untuk perangkat Android, luncurkan aplikasi Pengaturan, buka pengaturan Jaringan Seluler, dan matikan pemilihan jaringan otomatis.

Setelah menonaktifkannya, kamu akan melihat daftar semua jaringan yang tersedia. Namun, jika kamu hanya melihat satu opsi, ini biasanya berarti perangkat kamu terkunci. Hubungi penyedia layanan kamu untuk membukanya. Namun, perhatikan bahwa ada syarat dan ketentuan seputar proses pembukaan kunci yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Misalnya, beberapa operator akan menolak untuk membuka kunci ponsel kecuali kamu bersedia dengan tarif yang dikenakan.

Untuk pemeriksaan kompatibilitas eSIM, buka Pengaturan > Seluler di iPhone. Kamu akan melihat tombol Tambahkan eSIM. Di Android, cari eSIM di aplikasi Pengaturan. Jika kompatibel dengan eSIM, harus ada opsi Tambahkan eSIM yang tersedia. Setelah mendarat di negara yang dikunjungi, kamu biasanya bisa mendapatkan SIM fisik di bandara. Jika eSIM yang kamu inginkan, mungkin perlu melakukan sedikit penggalian dengan terlebih dahulu memeriksa operator apa yang tersedia di negara tersebut. Apple memiliki daftar operator yang cukup lengkap dan kemudian mengunjungi situs web operator pilihan untuk melihat di mana kamu dapat membeli eSIM mereka.

(brl/red)