6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi

6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi

Cara menghemat baterai ponsel saat traveling

3. Jauhkan ponsel dari panas

6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi foto: freepik

Panas menurunkan daya baterai lebih cepat, jadi disarankan kamu menghindari menggunakannya di luar ruangan dengan kecerahan tinggi. Ketika menggunakan ponsel di luar ruangan dengan kecerahan penuh, ponsel yang dibekali baterai 5000 mAh bisa mengalami penurunan daya sekitar 65% hingga 85% hanya dalam waktu 10-15 menit. Ini dua kali lebih cepat dari penggunaan normal.

4. Hindari bermain game

6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi foto: freepik/wirestock

Sebagian besar orang gemar bermain game saat bepergian. Tujuannya sih untuk pengusir stres. Namun, tidak direkomendasikan bermain game dengan grafis tinggi. Soalnya, game-game ini menghabiskan banyak penggunaan GPU dan CPU, yang mengakibatkan hilangnya daya.

Misalnya, saat traveling kamu bermain Apex Legends di ponsel selama 30 menit, maka hal itu akan menguras sekitar 15% daya baterai. Jadi, saat bepergian, hindari bermain game dengan grafis yang intens untuk menghemat baterai ponsel.

5. Bawa power bank

6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi foto:freepik/fabrikasimf

Gunakan power bank berkualitas. Sebab, power bank dengan kualitas rendah biasanya tidak cukup kuat untuk menyimpan daya listrik dan cepat terkuras saat digunakan.

6. Gunakan mode pesawat

6 Tips ampuh menghemat baterai ponsel saat traveling, hindari bermain game dengan grafis tinggi foto: teteescape

Dalam situasi tertentu seperti daerah tujuan kamu kesulitan sinyal, ada baiknya ponsel kamu menggunakan mode pesawat. Sebab sebagian besar baterai ponsel digunakan untuk mencari jaringan. Ketika fitur mode pesawat diaktifkan maka daya baterai dapat dihemat.

Sebab, fitur mode pesawat akan menonaktifkan semua pengaturan pada ponsel seperti aplikasi latar belakang akan dijeda, dan ponsel kamu dapat hidup lebih lama.

(brl/red)