6 Trik untuk membuat ponsel Android lama kamu tampak seperti baru lagi

6 Trik untuk membuat ponsel Android lama kamu tampak seperti baru lagi

Techno.id - Smartphone saat ini menjadi salah satu perangkat yang sangat berharga, baik dari sisi fungsi maupun budget yang harus dikeluarkan untuk membelinya. Bahkan jika kamu memilih smartphone kelas flagship, bisa jadi akan mengeluarkan kocek hingga puluhan juta rupiah.

Karena itu menjaga kondisi smartphone tetap baik sangatlah penting karena dapat memperpanjang umurnya sekaligus menghemat uang. Beberapa langkah sederhana akan memperpanjang umur perangkat dan meningkatkan kinerja sehingga akan terasa seperti baru. Berikut bebarapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga smartphone kamu tetap seperti baru.

1. Ganti casing dan pelindung layar

6 Trik untuk membuat ponsel Android lama kamu tampak seperti baru lagi foto: freepik

Apakah kamu masih menggunakan casing ponsel kotor yang sama dan pelindung layar tergores yang kamu beli bertahun-tahun lalu? Langkah mudah pertama untuk memberi ponsel kamu nuansa baru yang segar adalah dengan warna cerah, sentuhan transparan, atau sesuatu yang unik dalam hal casing.

Ada banyak pilihan gaya yang tersedia di pasaran. Kamu juga dapat memilih antara plastik keras dan bahan silikon lembut dengan tonjolan dan alur ergonomis jika menginginkan pegangan yang lebih baik.

Kamu juga perlu mengganti pelindung layar lama. Setelah bertahun-tahun digunakan, pelindung layar kamu mungkin tidak memberikan kinerja visual atau sentuhan terbaik. Pelindung layar kaca tempered cenderung mengalami retakan setelah beberapa kali jatuh. Sementara pelindung layar berbahan plastik lunak mudah tergores dan mengembangkan gelembung.

Untungnya, pelindung layar relatif murah dan akan sangat membantu dalam meningkatkan warna cerah layar ponsel dan melindunginya dari jatuh dan kerusakan lainnya.

2. Bersihkan ponsel, port, lensa

6 Trik untuk membuat ponsel Android lama kamu tampak seperti baru lagi foto: freepik/lionday

Kotoran dan debu pasti menumpuk di sekitar port pengisian daya, lensa, dan bingkai jika ponsel lama kamu menggunakan casing selama bertahun-tahun. Mengganti penutup adalah waktu yang tepat untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di bawahnya dan membuat ponsel terlihat bersih dan berkilau.

Kamu hanya perlu kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam disinfektan berbasis alkohol untuk membersihkan bodi ponsel dan tusuk gigi kayu untuk masuk ke area yang sulit dijangkau seperti port pengisian daya dan grill speaker.

Ponsel kamu biasanya mengambil minyak, kotoran, dan bakteri dari jari-jari setiap hari. Pembersihan rutin akan membuatnya terlihat baru, tanpa noda atau sidik jari yang mengurangi kualitas tampilan. Direkomendasikan jika kamu adalah pengguna ponsel yang berat, bersihkan ponsel seminggu sekali dan desinfeksi layar setidaknya sekali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

6 Trik untuk membuat ponsel Android lama kamu tampak seperti baru lagi foto: freepik/user33769719

Kita semua memiliki aplikasi yang diunduh di ponsel. Tentu saja itu akan mengambil ruang dan memori yang berharga padahal aplikasi itu tidak setiap saat digunakan.

Aplikasi yang tidak digunakan ini membuang sumber daya dan sering invasif, mengacaukan layar, menyimpan data kamu, dan mengirim pemberitahuan yang tidak diinginkan. Menghapus aplikasi lama adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ponsel terasa baru lagi.

Kebanyakan orang memiliki puluhan aplikasi di ponsel mereka, dan mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus dihapus dan mana yang harus disimpan tanpa memilahnya. Android menyederhanakan ini dengan filter sederhana untuk mengurutkan berdasarkan nama, ukuran, dan tanggal terakhir digunakan. Kamu juga dapat menggunakan filter Diinstal oleh Kamu jika khawatir tentang menghapus aplikasi sistem penting.

(brl/red)