7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah  

7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah  

Techno.id - Sudah berapa lama kamu menggunakan Facebook? Jika kamu sudah menggunakan aplikasi pertemanan ini lebih dari lima tahun, bisa dibayangkan berapa banyak umpan berita yang masuk. Parahnya lagi, tidak semua umpan berita atau konten yang masuk tersebut relevan dengan kamu.

Tidak jarang konten tersebut hanya menjadi sampah belaka. Karena itu, tidak ada salahnya kamu membersihkannya dengan alat dan fitur bawaan Facebook untuk menghapus konten yang tidak relevan dari umpan berita kamu.

1. Menunda orang, halaman, dan grup

7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah foto: tangkapan layar

Langkah pertama dalam membersihkan umpan Facebook adalah menghapus postingan yang tidak ingin kamu lihat. Kamu dapat melakukannya dengan menunda orang, halaman, atau grup. Melakukannya akan mencegah postingan mereka muncul di feed kamu selama 30 hari. Ini adalah cara cerdas untuk menyaring konten yang tidak relevan tanpa berhenti mengikutinya.

Untuk menunda seseorang, halaman, atau grup, ketuk tombol menuyang terletak di pojok kanan bawah di iPhone dan pojok kanan atas di Android atau situs web Facebooklalu buka Pengaturan dan Privasi > Pengaturan. Setelah itu, buka Preferensi konten di bawah Preferensi dan ketuk Tunda (Snooze) dari opsi yang tersedia.

Selanjutnya, ketuk ikon filter untuk memfilter daftar berdasarkan teman, grup, atau halaman. Kemudian, ketuk tombol Tunda di sebelah orang, halaman, atau grup yang ingin kamu bisukan selama 30 hari. Jika kamu secara tidak sengaja menunda orang, halaman, atau grup yang salah, ketuk Akhiri Tunda untuk mulai melihat postingan mereka di beranda lagi.

2. Berhenti mengikuti orang, halaman, dan grup

7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah foto: tangkapan layar

Berhenti mengikuti secara permanen akan menghentikan konten mereka agar tidak muncul di umpan berita. Tetapi kamu akan tetap berteman dengan orang tersebut, tetap menjadi bagian dari grup, dan membuat halaman tetap disukai. Hanya saja kamu tidak akan melihat postingan mereka.

Untuk berhenti mengikuti seseorang, buka pengaturan preferensi umpan dan ketuk Berhenti mengikuti. Kemudian, ketuk Berhenti mengikuti di samping orang, halaman, atau grup yang kontennya ingin kamu hapus dari feed. Jika kamu secara tidak sengaja berhenti mengikuti orang, halaman, atau grup yang salah, cukup kunjungi profil, grup, atau halaman mereka dan ikuti mereka lagi.

Jika kamu menyukai postingan dari teman, halaman, atau grup tertentu tetapi ternyata postingan tersebut terlalu sering sehingga feed kamu menjadi berantakan dengan postingan mereka, kamu dapat berhenti mengikutinya.

3. Kurangi konten berkualitas rendah, tidak orisinal, atau sensitif

7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah foto: tangkapan layar

Secara default, Facebook membatasi konten berkualitas rendah, seperti clickbait dan spam, postingan yang tidak orisinal yang dibagikan berulang kali, dan materi yang sangat vulgar atau kekerasan agar tidak muncul di feed kamu. Namun, jika kamu masih menemukan konten seperti itu sesekali muncul di feed, kamu dapat menginstruksikan Facebook untuk memblokir sepenuhnya.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan dan Privasi > Pengaturan. Kemudian, ketuk Preferensi konten di bawah Preferensi dan arahkan ke Kelola default. Pilih setiap jenis konten satu per satu dan pilih Kurangi Lainnya.

4. Prioritaskan postingan yang paling kamu sukai di kabar beranda

7 Cara membersihkan umpan di Facebook tetap bersih dari konten sampah foto: tangkapan layar

Facebook memprioritaskan postingan dari beberapa teman berdasarkan faktor-faktor seperti seberapa sering mereka menandai kamu, jumlah teman bersama yang kamu bagikan, grup yang kamu ikuti, dan faktor lainnya. Demikian pula, ini memprioritaskan postingan dari halaman tertentu yang paling kamu sukai dan paling berinteraksi di umpan berita kamu.

Meskipun prioritas otomatis ini dapat membantu, itu tidak selalu akurat. Kamu mungkin lebih suka konten dari teman yang belum pernah menandai kamu atau dengan siapa kamu memiliki sedikit koneksi bersama. Untuk memastikan kamu melihat lebih banyak konten yang disukai, kamu harus menambahkan teman atau halaman secara manual sebagai favorit, membuat postingan mereka muncul lebih tinggi di kabar beranda.

Untuk menambahkan teman atau halaman sebagai favorit, buka pengaturan umpan, navigasikan ke Favorit, cari teman atau halaman, dan ketuk tombol Tambah.

(brl/red)