7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi

5. Lepaskan kartu SIM, kartu memori, dan periferal

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/binkontan

Meskipun jarang terjadi, masalah pada kartu SIM, kartu memori, dan periferal (seperti perangkat USB) terkadang dapat menyebabkan masalah layar sentuh tidak responsif pada perangkat selular. Pastikan untuk mematikan sepenuhnya dan cabut perangkat terlebih dahulu.

6. Aktifkan mode aman

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/wirestock

Terkadang, masalah pada aplikasi atau program yang telah kamu unduh dapat menyebabkan layar sentuh menjadi tidak responsif. Kunci untuk mengatasinya adalah dengan memulai ulang dalam mode aman karena aplikasi dan program ini tidak dimuat dalam mode aman.

Jika kamu mendapati bahwa layar sentuh berfungsi saat masuk ke mode aman, berarti ada masalah dengan aplikasi atau program yang kamu unduh.

7. Sesuaikan sensitivitas 3D Touch pada iPhone

7 Cara memperbaiki layar sentuh smartphone yang tidak berfungsi foto: freepik/armmypicca

Jika kamu mengalami layar sentuh yang tidak responsif atau tidak akurat pada iPhone, ini mungkin merupakan masalah sensitivitas 3D Touch. Dengan asumsi layar sentuh berfungsi dengan baik, kamu harus menyesuaikan pengaturan tersebut.

Buka Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > 3D & Sentuhan Haptic. Sesuaikan penggeser antara ringan dan tegas. Coba matikan 3D Touch jika layar masih tidak akurat atau tidak responsif.

Jika layar sentuh kamu masih tidak berfungsi setelah mengikuti semua langkah di atas, mungkin diperlukan perbaikan profesional.

(brl/red)