7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup

7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup

Techno.id - Ponsel atau tablet Android yang mati dengan layar hitam dan tidak ada tanda-tanda kehidupan menimbulkan masalah dan ketidaknyamanan. Namun, kamu tidak perlu panik. Karena ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya.

1. Lakukan siklus daya

7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup foto: freepik/rawpixel.com

Kamu mungkin pernah mengalami ponsel Android beku di mana layarnya hitam atau tidak responsif, dan tidak ada tombol yang berfungsi. Tapi tahukah kamu bahwa ponsel juga bisa membeku dalam keadaan mati? Dalam kasus seperti itu, melakukan siklus daya dapat membantu.

Pada perangkat lama dengan baterai yang dapat dilepas, kamu cukup melepas baterai, tunggu beberapa detik, dan masukkan kembali. Pada ponsel modern dengan baterai yang tidak dapat dilepas, tekan dan tahan tombol daya selama beberapa detik. Tergantung pada produsen perangkat, kamu mungkin perlu menahannya antara 10 dan 30 detik.

2. Perbaiki masalah pengisian daya

7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup foto: freepik/vlarvix

Terkadang, masalahnya mungkin sesederhana baterai yang habis. Pertama, uji kabel pengisi daya dan adaptor dengan telepon lain untuk memastikan tidak ada yang salah dengan peralatan pengisian daya.

Jika tidak ada masalah dengan kabel atau adaptor, periksa apakah ada debu atau kotoran yang menghalangi port pengisian daya ponsel. Cara terbaik untuk menghilangkan kotoran dari port adalah dengan membersohkannya secara hati-hati. Setelah itu, coba isi daya ponsel lagi.

3. Periksa masalah baterai

7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup foto: freepik/vlarvix

Jika ponsel tetap tidak dapat menyala, masalahnya mungkin terkait dengan baterai. Itu karena sebagian besar baterai ponsel dan tablet mulai menurun secara signifikan setelah beberapa tahun digunakan. Selain itu, faktor-faktor seperti paparan cairan, jatuh ke permukaan keras, dan suhu ekstrem dapat merusak baterai secara tidak dapat diperbaiki.

Setelah mencolokkan perangkat ke pengisi daya, tunggu sebentar untuk melihat apakah ikon baterai muncul di layar. Jika ya, baterai kamu kemungkinan baik-baik saja, dan kamu kemudian dapat memeriksa kesehatan baterai menggunakan aplikasi seperti AccuBattery saat boot.

Jika kamu melihat lampu merah kecil (atau warna lain) berkedip, ini menunjukkan bahwa baterai tidak memiliki daya yang cukup untuk menghidupkan atau menampilkan konten. Biarkan terisi daya selama 30 menit, lalu coba nyalakan lagi. Jika tidak melihat ikon baterai atau lampu apa pun, itu bisa berarti baterai mati dan perlu diganti.

4. Periksa kerusakan

7 Cara memperbaiki smartphone Android dengan layar hitam dan tidak mau hidup foto: freepik/eyeem

Ponsel Android kamu tidak menyala mungkin karena tombol daya macet atau rusak. Tekan dan tahan tombol daya dengan kuat untuk melihat apakah ada respons. Jika tombol terasa macet atau tidak responsif, mungkin tidak berfungsi, dan kamu harus memperbaiki atau menggantinya.

Ada juga kemungkinan ponsel menyala, tetapi layarnya tidak berfungsi, membuatnya tampak seperti tidak menyala. Untuk memeriksanya, tahan tombol daya selama 30 detik untuk memastikan ponsel menyala. Kemudian, tunggu setidaknya dua menit hingga proses boot selesai.

Setelah itu, hubungi ponsel kamu dari perangkat lain. Jika berdering, masalahnya mungkin ada pada layar. Dalam kasus ini kamu perlu membawanya ke pusat layanan produsen untuk penggantian.

(brl/red)