7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi

7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi

Techno.id - Salah satu masalah yang sering dihadapi pengguna iPhone adalah tombol volume yang tidak berfungsi dengan baik. Masalah ini seringkali menjengkelkan karena kamu tidak dapat mengecilkan atau membesarkan volume ketika akan digunakan untuk menonton video atau menelpon.

Tapi tak perlu khawatir kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan berbagai solusi. Berikut Techno.id sajikan 7 cara memperbaiki volume iPhone yang tidak berfungsi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan tombol volume diaktifkan

7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa iPhone memiliki pengaturan yang untuk mengaktifkan dan menonaktifkan tombol volume. Pengaturan ini sudah diaktifkan secara default di semua perangkat, tetapi ada kemungkinan seseorang dapat mematikannya tanpa menyadarinya.

Untuk memeriksanya, buka Pengaturan > Suara & Haptics dan aktifkan Ubah dengan Tombol. Jika ini tidak diaktifkan, mungkin ini penyebab tombol volume tidak berfungsi.

2. Lepaskan casing iPhone

7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi foto: freepik/rawpixel

Banyak orang menambahkan casing pada iPhone mereka untuk perlindungan tambahan. Dalam beberapa kasus, casing dapat mengganggu tombol volume. Masalah tersebut terutama terjadi pada casing yang memiliki lapisan atau memiliki pelindung layar bawaan.

Lepaskan casing iPhone dan coba lagi tombol volume. Jika masih berfungsi, maka kamu harus membeli casing baru. Mungkin juga penggunaan casing yang terlalu lama dapat menyebabkan tombol volume kotor.

3. Bersihkan tombol volume menggunakan alkohol

7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi foto: apple

Karena kamu sering menggunakan ponsel, kotoran dan debu terkadang bisa masuk ke bawah tombol. Tekan tombol beberapa kali untuk memeriksa apakah tombol macet. Kamu mungkin perlu membersihkannya jika tombolnya macet atau tidak bisa ditekan.

Untuk membersihkan tombol volume, ambil kapas dan celupkan ke dalam isopropil alkohol. Pilihan terbaik untuk membersihkan barang elektronik adalah isopropil alkohol 99 persen, karena cepat kering dan tidak mengandung banyak air. Alkohol ini juga menghilangkan kotoran dan debu dengan memecah minyak.

Gunakan kapas untuk membersihkan sekitar tombol volume sebaik mungkin. Tidak perlu berlebihan saat menggunakan alkohol.

Setelah dibersihkan, tunggu beberapa menit sampai alkohol mengering. Jika tombol volume sudah berfungsi dengan baik, maka kondisinya sudah bagus. Sebaliknya jika hanya berfungsi sedikit lebih baik, itu tandanya tombol tersebut masih kotor, dan kamu harus terus membersihkannya. Sebaiknya bersihkan seluruh iPhone jika kotor.

4. Atur ulang atau pulihkan iPhone

7 Cara memperbaiki tombol volume iPhone yang tidak berfungsi foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Terkadang, pembaruan firmware dapat mengubah cara kerja tombol-tombol pada ponsel. Cara ini terutama terjadi pada model iPhone yang lebih tua. Jika kamu baru saja memperbarui iPhone dan tombol volume berhenti berfungsi, coba mulai ulang iPhone dengan mematikan dan menghidupkannya kembali.

Jika itu tidak membantu, kamu mungkin perlu mengatur ulang perangkat. Ini berarti kamu harus mencadangkan iPhone dan menghapus semua pengaturan konten. Reset penuh juga dapat dilakukan jika tombol volume berhenti berfungsi setelah mengunduh aplikasi atau upaya jailbreak.

Untuk melakukannya, pertama, kamu harus mencadangkan iPhone. Kemudian, buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

Cara ini akan membersihkan ponsel dan pada dasarnya membuatnya seperti baru. Sebelum memulihkan cadangan, masuk ke perangkat dan uji tombol volume. Jika berfungsi, pulihkan cadangan kamu.

Dalam beberapa kasus, memulihkan cadangan mungkin membuat cadangan tidak berfungsi lagi. Jika demikian, mungkin ada aplikasi yang kamu coba unduh, atau cadangan kamu rusak.

(brl/red)