7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file ‘hantu’

7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file ‘hantu’

Techno.id - Kamu pernah mengalami penyimpanan iPhone penuh meski sudah menghapus sejumlah foto? Tetapi masih saja perangkat kamu memberikan notifikasi bahwa tetap ada media yang masih menghabiskan ruang.

Nah salah satu popup paling menjengkelkan yang dihadapi setiap pengguna iPhone adalah notifikasi iCloud Storage Full. Nah setiap kali notifikasi tersebut muncul, kamu mungkin terburu-buru mengosongkan ruang penyimpanan, yang sebagian besar berisi foto.

Namun, terkadang, iPhone mungkin masih menampilkan foto yang menghabiskan banyak ruang bahkan setelah mengosongkannya. Berikut beberapa cara untuk mengatasi penyimpanan iPhone yang selalu penuh akibat file hantu.

1. Periksa folder yang baru saja dihapus

7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file hantu foto: unsplash/sara-kurfess

Alasan umum untuk masalah ini berkisar pada album yang Baru Dihapus di aplikasi Foto. Album ini memungkinkan kamu untuk memulihkan foto dan video yang dihapus hingga 30 hari setelah menghapusnya. Seperti Recycle Bin di komputer, album ini berfungsi sebagai pengaman sementara jika kamu berubah pikiran.

Artinya, data yang dihapus masih ada di ponsel dan disinkronkan ke iCloud-untuk beberapa waktu, meskipun kamu telah menghapusnya. Orang biasanya lupa untuk menghapus album ini karena folder ini terkubur jauh di dalam aplikasi Foto.

Karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan jika bagian Foto pada penyimpanan iCloud kamu masih menggunakan banyak ruang adalah menghapus foto-foto di Recently Deleted secara permanen. Pastikan kamu menyadangkan foto-foto tersebut ke lokasi lain sebelum melakukannya jika kamu membutuhkan kembali foto-foto tersebut di masa mendatang.

2. Nyalakan ulang iPhone

7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file hantu foto: unsplash/freestocks

Mem-boot ulang sistem adalah perbaikan konvensional untuk berbagai bug dan kesalahan. Setelah kamu menghapus sebagian besar media dari penyimpanan, penting untuk menyalakan ulang iPhone. Cara ini dapat mengatasi masalah sementara yang menyebabkan penyimpanan penuh.

3. Perbarui iOS

7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file hantu foto: unsplash/thom bradley

Sering kali, mungkin ada bug kecil dalam versi iOS yang kamu gunakan saat ini yang menyebabkan masalah. Apple biasanya memperbaikinya di versi iOS berikutnya. Jadi pastikan kamu telah memperbarui iPhone ke iOS terbaru. Untuk memperbarui perangkat lunak, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan dan buka Umum.

2. Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.

3. Jika versi baru tersedia, ketuk Unduh dan Instal untuk memulai.

4. Ubah tanggal dan waktu untuk menampilkan foto lama

7 Cara mengatasi penyimpanan foto iPhone yang selalu penuh akibat file hantu foto: unsplash/fabian-albert

Seringkali media yang kamu hapus di masa lalu kembali sebagai file tersembunyi di perangkat. Kamu tidak akan tahu bahwa file tersebut ada, dan kamu juga tidak dapat melihatnya di album terbaru.

Metode ini memberikan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini dan mendapatkan kembali penyimpanan. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka Pengaturan dan pilih Umum.

2. Pilih opsi Tanggal & Waktu.

3. Atur Secara Otomatis kemungkinan akan diaktifkan. Jika ya, matikan sakelar tersebut.

4. Kamu kemudian dapat mengubah tanggal dan waktu secara manual. Pilih tanggal dan waktu yang setidaknya satu tahun yang lalu.

5. Setelah itu, buka aplikasi Foto dan periksa semua album, termasuk yang Terbaru dan Baru Dihapus.

6. Pilih semua yang muncul kembali di album kamu dan hapus dari iPhone Anda. Jika kamu tidak melihat apa pun, coba kembali ke satu atau dua tahun yang lalu dan periksa lagi.

7. Menghapus file hantu yang muncul kembali ini akan membantu mengosongkan ruang ekstra di iPhone bahkan iCloud. Jangan lupa untuk mengatur opsi waktu kembali ke otomatis setelah kamu selesai.

(brl/red)