7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy

7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy

Techno.id - Sebagian besar ponsel Samsung Galaxy hadir dengan pengaturan audio yang ditetapkan pabrik untuk pengguna, dan ada baiknya kamu menyesuaikan equalizer dan menambahkan aplikasi untuk meningkatkan kualitas suara.

Kamu bisa menambahkan beberapa aplikasi yang mudah dipasang dan mengubah pengaturan audio agar sesuai dengan genre musik atau selera film untuk memastikan pengalaman yang imersif dan menyenangkan. Berikut tips untuk meningkatkan kualitas suara di ponsel Galaxy.

1. Pastikan earbud dan headphone terpasang dengan benar

7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy foto: techno.id/yani andriyansyah

Kesesuaian yang sempurna sangat penting untuk kualitas suara yang baik saat memakai earbud atau headphone untuk mencegah kebocoran. Earbud bekerja paling baik saat membentuk segel rapat di saluran telinga untuk menahan suara, dan headphone harus memiliki bantalan telinga yang luas namun pas.

Sebagian besar earbud dilengkapi dengan beberapa set ujung telinga, dan yang terbaik adalah menemukan ukuran sempurna yang nyaman untuk mendengarkan selama berjam-jam tanpa terlalu besar atau kecil agar pas di saluran telinga kamu. Jika memiliki headphone atau headset gaming, kamu harus memastikan bahwa bantalan menutupi telinga kamu sepenuhnya dan tidak kehilangan bentuknya setelah terkena keringat dan kelembapan selama sesi mendengarkan yang lama.

2. Sesuaikan suara ponsel

7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy foto: tangkapan layar

Kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran seiring bertambahnya usia, dan fitur Adapt Sound menawarkan pengalaman suara yang dipersonalisasi berdasarkan usia untuk mengatasi masalah tersebut. Fitur ini memungkinkan kamu untuk memilih antara profil suara seperti Di Bawah 30 Tahun, yang meningkatkan frekuensi tinggi, 30 hingga 60 Tahun, yang telah meningkatkan frekuensi tinggi dan menengah. Sementara opsi Di Atas 60 Tahun, mendorong semua frekuensi.

Kamu juga dapat membuat profil khusus berdasarkan tes pendengaran untuk suara yang dibuat khusus agar sesuai dengan kekuatan dan kelemahan masing-masing telinga.

Menyiapkan Adapt sound itu sederhana. Buka Pengaturan > Suara dan Getaran dan buka tab Kualitas suara dan efek. Kamu akan melihat tab Adapt sound di bagian bawah menu dan buka untuk memilih profil pilihan kamu. Pilih rentang usia mana pun yang kamu inginkan, atau ikuti tes pendengaran untuk membuat profil unik yang sesuai dengan pendengaran kamu.

3. Tambahkan aplikasi asisten suara

7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy foto: galaxy store

Aplikasi Asisten Suara Samsung adalah alat bagus yang meningkatkan kemampuan suara ponsel dengan lebih banyak fungsi dan fitur. Aplikasi ini memungkinkan kamu menyesuaikan panel standar dan perluasan equalizer dengan tata letak dan penempatan tombol baru.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk memprogram tombol media di ponsel untuk membuka aplikasi favorit, membuat pola getaran khusus, dan memiliki pengubah suara bawaan dengan berbagai efek.

Fitur volume aplikasi individual mungkin menjadi sorotan Asisten Suara karena kamu dapat mengatur level individual untuk layanan streaming dan obrolan. Ini sempurna untuk pengguna di berbagai platform karena tidak perlu menyesuaikan volume setiap kali beralih antar aplikasi, dan semua level mudah dibaca dalam satu antarmuka. Asisten Suara gratis dan mudah diunduh dari Samsung Galaxy Store.

4. Nyalakan fitur Dolby Atmos

7 Cara meningkatkan kualitas suara pada smartphone Samsung Galaxy foto: tangkapan layar

Mengaktifkan Dolby Atmos adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk meningkatkan kemampuan audio ponsel cerdas Galaxy kamu. Fitur ini memungkinkan suara surround yang disimulasikan, memberikan suara yang lebih kaya dengan efek 3D. Ini bagus untuk musik dan film, dan ada mode permainan untuk menikmati mendengar arah ledakan dan tabrakan di game favorit kamu.

Mengaktifkan Dolby Atmos cukup mudah. Buka Pengaturan dan buka tab Kualitas Suara dan Efek. Sebuah menu akan terbuka, dan kamu dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Dolby Atmos dan Dolby Atmos untuk bermain game dengan menggeser jari di layar.

(brl/red)