7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan

7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan

Techno.id - Setelah sekian lama menggunakan ponsel cerdas Android, mungkin kamu berniat ingin menggantinya dengan versi terbaru. Apalagi, ponsel cerdas keluaran tahun 2024, banyak menawarkan fitur dan perangkat lunak yang lebih canggih dan disempurnakan.

Lantas, bagaimana dengan ponsel cerdas lama kamu? Apakah ingin dijual kembali atau sekadar disimpan di dalam laci. Jika ingin dijual kembali, harganya pasti sangat jatuh. Namun jika disimpan di dalam laci juga akan menjadi barang yang tidak berguna.

Ketimbang bingung mau diapakan ponsel cerdas lama tersebut, ada baiknya kamu mengubahnya menjadi perangkat yang berguna untuk berbagai kebutuhan. Berkat beberapa aplikasi, kamu dapat menggunakan kembali ponsel cerdas lama tersebut.

1. Jadikan sistem infotainment baru

7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan foto: freepik

Kamu bisa mengubah ponsel cerdas lama menjadi sistem infotainment modern layaknya Android Auto. Temukan saja dudukan yang layak untuk ponsel tersebut, dan kamu dapat menggunakan perangkat lama sebagai hub Android Auto khusus. Hubungkan ke speaker, siapkan Google Maps, dan pada dasarnya semua yang dilakukan stereo baru, tetapi tanpa investasi yang mahal.

2. Ubah menjadi kamera dasbor DIY

7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan foto: freepik/zaintanwar250

Dashcam tampak seperti perlengkapan yang luar biasa untuk sebuah mobil. Nah jika memiliki ponsel lama, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli dashcam baru. Sekali lagi, yang kamu butuhkan dari segi perangkat keras hanyalah dudukan telepon yang murah dan ponsel cerdas lama.

Kamu juga perlu mendapatkan aplikasi khusus seperti Droid Dashcam yang sepenuhnya gratis. Pasang saja ponsel lama kamu, pastikan kamera memiliki pandangan jalan yang jelas.

3. Ubah menjadi layar konsol retro

7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan foto: freepik/dayalguru

Jika kamu suka bermain game saat bepergian, sebaiknya jangan dilakukan pada perangkat utama. Sebab, akan menyedot penggunaan baterai, apalagi jika kamu lebih sering bermain game online.

Ponsel lama kamu dapat dijadikan mesin emulator untuk sejumlah game, khususnya retro. Saat ingin bermain game ketika bepergian, ke kantor, saat di pesawat terbang, atau saat bersantai di sofa, perangkat lama bisa dijadikan alat untuk memainkan judul game retro favorit. Ada berbagai emulator di Google Play Store, dan tentu saja, asalkan kamu membawa ROM sendiri, maka dapat memainkan game dari generasi PS2. Berikut beberapa emulator favorit yang diatur berdasarkan konsol, PS2 (Aethersx2), PS1 (DuckStation), GameBoy Advance (MyBoy GameCube atau Wii-Dolphin), dan SNES (Snes9x EX+).

4. Pemutar musik

7 Lifehack mengubah ponsel lama Android menjadi perangkat untuk berbagai kebutuhan foto: freepik/rawpixel.com

Kamu bisa mengubah ponsel cerdas lama menjadi pusat streaming musik khusus. Di rumah kamu bisa menghubungkan ponsel lama tersebut dengan speaker baik melalui Bluetooth atau jack headphone. Unduh semua layanan streaming musik yang kamu inginkan.

(brl/red)