7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone

7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone

Techno.id - Masalah daya tahan baterai sering membuat frustrasi pengguna. Saat sedang melakukan sesuatu yang penting pada smartphone, tiba-tiba muncul peringatan baterai lemah. Sudah bisa dipastikan si pengguna bakal mencari mencari kabel dan pengisi daya baterai.

Jika masalah tersebut tersu berlanjut, kamu harus selalu siap dengan perangkat pengisian daya. Apalagi, kondisi baterai akan semakin memburuk seiring bertambahnya usia smartphone yang kamu gunakan.

Mungkin banyak pengguna yang bertanya, berapa sih rata-rata masa pakai baterai ponsel pintar? Umumnya, baterai ponsel pintar akan bertahan dalam kondisi cukup baik mungkin sekitar 2-3 tahun pemakaian. Setelah itu, biasanya akan ada penurunan kapasitas hingga 20%. Karena itu kebiasaan mengisi daya dan perawatan perangkat adalah faktor penting agar smartphone bisa digunakan lebih lama.

1. Kebiasaan mengisi ulang daya

7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone foto: unsplash/andreas hasling

Banyak yang bertanya apakah sering mengisi daya dapat merusak baterai smartphone? Sering mengisi daya tidak merusak baterai smartphone. Baterai smartphone saat ini paling baik dipertahankan antara tingkat daya 80% dan 20%.

Terpenting adalah selalu menghindari kondisi panas. Hindari juga menyolok smartphone terlalu sering karena dapat menyebabkan kerusakan pada konektor pengisian daya.

2. Hindari pengisian daya hingga 100%

7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone foto: unsplash/onur binay

Untuk menjaga baterai ponsel cerdas tetap terisi 100%, pengguna harus tetap terhubung ke pengisi daya. Namun menjaga baterai pada tingkat 100% akan membuat bahan baterai menjadi lebih cepat rusak dan mengurangi masa pakainya. Karena itu tetap berpegang pada prinsip 80%-20% yang disebutkan sebelumnya untuk memberikan masa pakai terbaik pada baterai.

3. Persentase yang ideal untuk mengisi daya smartphone

7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone foto: unsplash/de an sun

Isi daya ponsel ketika persentase tingkat dayanya antara 20% dan 40%. Merencanakan untuk mengisi daya di antara tingkat ini akan memberikan masa pakai baterai yang paling lama untuk smartphone. Mengisi ulang daya di kisaran 20% hingga 40% dengan cepat mengembalikan baterai ke tingkat 80% yang dapat diandalkan.

4. Jangan biarkan smartphone terisi daya sepanjang malam

7 Rekomendasi kebiasaan mengisi daya yang baik untuk memaksimalkan masa pakai baterai smartphone foto: jofreepik

Membiarkan ponsel terisi daya sepanjang malam tidak baik untuk jangka panjang. Ponsel pintar modern memiliki pengontrol pengisian daya onboard yang berputar dan mati untuk mencegah pengisian daya yang berlebihan.

Tetap dicolok semalaman akan menambah keausan pada mekanisme ini dan baterai selama berjam-jam setiap hari, sehingga mengurangi masa pakai total.

Praktik yang baik adalah berhenti menggunakan ponsel cerdas kamu 1-2 jam sebelum tidur dan mencolokkannya untuk mengisi daya. Saat kamu ingin tidur, cabut kabelnya. Atau kamu bisa mengisi daya di pagi hari sebelum beraktivitas.

(brl/red)