7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar

7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar

Techno.id - Koneksi internet yang buruk secara langsung memengaruhi produktivitas dan kesenangan kita untuk menikmati hiburan. Ada berbagai faktor yang dapat memperlambat internet, salah satunya router yang sudah ketinggalan zaman tidak dapat memenuhi permintaan modern. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan sudah waktunya kamu untuk memperbarui router.

1. Kecepatan berkurang dan koneksi sering terputus

7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar foto: freepik/rawpixel.com

Kecepatan internet yang berkurang dan koneksi yang sering terputus menjadi tanda yang jelas bahwa kamu perlu memperbarui router, meski kamu sudah mencoba berbagai langkah pemecahan masalah umum untuk mempercepatnya tidak membantu. Jika koneksi yang dulunya cepat sekarang kesulitan memuat halaman web, buffer streaming lebih sering, sesi permainan, atau rapat online sering terganggu, router lama kamu bisa menjadi masalahnya.

Saat kamu menambahkan lebih banyak perangkat ke jaringan, router lama kamu mungkin kekurangan daya pemrosesan dan memori yang diperlukan untuk menangani peningkatan permintaan. Akibatnya kecepatan jadi lebih lambat dan koneksi sering terputus. Hal ini terutama jika router kamu menggunakan versi Wi-Fi yang lebih lama.

Memperbarui router dengan spesifikasi yang lebih baik memastikan jaringan kamu dapat menangani kecepatan yang lebih tinggi, menyediakan konektivitas yang konsisten, dan mendukung jumlah perangkat yang terus bertambah di rumah.

2. Cakupan terbatas dan zona mati

7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar foto: freepik

Jangkauan dan kekuatan sinyal router lama dapat memburuk seiring waktu, mengakibatkan area koneksi yang lemah atau adanya beberapa zona mati di rumah kamu. Zona mati nirkabel adalah titik di mana sinyal Wi-Fi lemah atau tidak ada.

Koneksi lebih sering terputus dan kecepatan lebih lambat di wilayah tersebut. Apalagi Jika kamu baru saja memperluas rumah atau pindah ke rumah yang lebih besar dan router lama gagal memberikan jangkauan di seluruh area, tingkatkan ke router yang memenuhi permintaan baru dan mencakup lebih banyak area. Saat memutakhirkan router, pilih salah satu berdasarkan ukuran rumah baru dan area yang ingin kamu cakup.

Kamu juga harus memilih router dengan beberapa antena untuk memastikan jangkauan yang lebih luas, koneksi yang kuat dan stabil, serta kemampuan untuk mengelola banyak perangkat secara efektif.

3. Kecepatan internet tidak sesuai dengan paket langganan

7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar foto: freepik/user35692504

Router lama tidak mendukung standar Wi-Fi terbaru dan tidak memiliki perangkat keras yang diperlukan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi. Jika kamu telah meningkatkan atau berencana meningkatkan ke paket internet yang lebih cepat, tetapi router tidak dapat memberikan kecepatan internet maksimum yang disediakan ISP (operator), kamu tidak punya pilihan selain meningkatkan router.

Jika tidak, kecepatan koneksi akan dibatasi pada kecepatan maksimum router. Misalnya, jika router kamu dapat memberikan kecepatan hingga 100Mbps tetapi paket internet kamu menawarkan lebih dari itu, maka kamu tidak akan mendapatkan kecepatan lebih tinggi dari 100Mbps.

Meningkatkan ke router yang mendukung Wi-Fi 5, 6, 6E, atau 7 akan memastikan kamu dapat memanfaatkan kecepatan sesuai dengan paket berlangganan kamu.

4. Tidak lagi menerima pembaruan firmware

7 Tanda kamu perlu mengganti router agar koneksi internet tetap aman dan lancar foto: freepik/escapejaja

Menjaga router tetap mutakhir dengan pembaruan firmware sangat penting untuk menjaga jaringan rumah yang aman, efisien, dan andal. Jika router kamu tidak lagi mendukung atau menerima pembaruan firmware dari pabrikan, itu adalah alasan kuat lainnya untuk memutakhirkannya.

Tanpa pembaruan firmware secara teratur, router kamu menjadi rentan terhadap risiko keamanan, membuat privasi kamu rentan terhadap eksploitasi. Kamu juga mungkin akan menemukan bug dan gangguan yang memengaruhi kinerja router dan tidak akan memiliki akses ke fitur baru.

Singkatnya, kurangnya pembaruan firmware tidak hanya menyebabkan kinerja yang buruk tetapi juga meningkatkan kerentanan terhadap ancaman online. Jadi, dapatkan router dengan perangkat keras yang memenuhi persyaratan ISP kamu dan terus menerima pembaruan firmware baru.

(brl/red)