7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan

7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan

Techno.id - Ponsel cerdas sedikit memanas saat digunakan, itu sih wajar. Tetapi jika terlalu panas dan sering terjadi saat kamu menggunakannya, maka perlu diwaspadai. Jangan-jangan ada yang bermasalah, baik pada perangkat keras maupun lunaknya.

Jika terlalu panas, mendinginkannya sangat penting untuk mencegah kerusakan. Berikut adalah solusi paling efektif untuk membantu mendinginkan ponsel yang panas, dimulai dengan yang paling sederhana.

1. Lepaskan casing dari ponsel

7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan foto: freepik/mateus-andre

Jika ponsel terlalu panas dan kamu menggunakan casing, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas casing tersebut. Semua perangkat elektronik, termasuk ponsel cerdas, menghasilkan panas saat bekerja atau dihidupkan.

Saat casing dipasang di ponsel, maka dapat mencegah panas keluar secara efektif. Hal ini menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas, terutama jika casing tersebut terbuat dari bahan isolasi seperti silikon, karet, atau plastik tebal.

Bagian terburuknya, casing dapat menutupi penumpukan panas. Mungkin kamu tidak menyadari ponsel menjadi panas hingga layar mulai terasa hangat. Pada saat itu, ponsel sudah terlalu panas, jadi lepaskan casing dengan cepat dan biarkan mengeluarkan udara.

2. Tutup semua aplikasi yang terbuka dan aplikasi latar belakang

7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan foto: freepik

Setiap kali kamu membuka aplikasi di ponsel cerdas, aplikasi tersebut menggunakan CPU dan memori, yang pada gilirannya menghasilkan panas. Jadi, menutup semua aplikasi yang terbuka dapat membantu mengurangi pembangkitan panas secara keseluruhan.

Saat kamu cuma menggeser ke atas dan keluar dari aplikasi, sebenarnya kamu tidak menutupnya, melainkan masih berjalan di latar belakang dan ini berkontribusi pada pembangkitan panas. Karena itu ketika ponsel mulai terasa panas, masuklah ke menu multitasking dan periksa apakah kamu menjalankan banyak aplikasi. Jika ya, segera tutup untuk membantu mendinginkan ponsel.

3. Mulai ulang ponsel

7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan foto: freepik/eyesartist

Jika ponsel masih panas setelah menutup semua aplikasi, pertimbangkan untuk memulai ulang atau mematikannya. Mirip dengan aplikasi latar belakang, ada proses latar belakang yang juga berkontribusi pada konsumsi sumber daya dan pembangkitan panas.

Misalnya, Instagram akan menjalankan proses latar belakang, sehingga kamu menerima notifikasi meskipun aplikasi Instagram tidak terbuka atau dalam menu multitasking. Karena tidak ada cara langsung untuk mengakses proses ini, kamu tidak dapat menghentikannya dengan cepat.

Jadi, cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah me-restart ponsel. Cara ini akan menginisialisasi ulang sistem operasi dan menghentikan proses apa pun yang dapat menyebabkan timbulnya panas berlebihan.

4. Matikan data selular dan kurangi kecerahan layar

7 Tindakan yang harus dilakukan saat ponsel terlalu panas, nomor 5 paling sering diabaikan foto: freepik/frsupaksorn

Saat data selular diaktifkan, ponsel akan terus berkomunikasi dengan menara selular terdekat untuk mengelola transmisi dan penerimaan data. Proses ini membutuhkan daya pemrosesan yang signifikan, sehingga menghasilkan panas.

Selain itu, layar ponsel adalah salah satu komponen yang paling haus daya. Meningkatkan kecerahan membutuhkan lebih banyak daya, yang pada gilirannya menghasilkan lebih banyak panas.

Dengan demikian, menurunkan kecerahan layar dan menonaktifkan data selular dapat membantu mengurangi pembangkitan panas secara keseluruhan dan berpotensi mendinginkan ponsel.

(brl/red)