7 Tips dan trik untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet, bisa buat iPhone atau Android

7 Tips dan trik untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet, bisa buat iPhone atau Android

7 Tips merawat baterai ponsel

5. Gunakan mode penghemat baterai

7 Tips dan trik untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet, bisa buat iPhone atau Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meskipun ada beberapa trade-off dalam menggunakan mode penghemat baterai atau mode daya rendah, mode ini sangat baik dalam mengurangi konsumsi daya keseluruhan ponsel.

Hal ini tidak hanya meningkatkan waktu pencadangan dalam sekali pengisian daya, tetapi juga membantu dalam jangka panjang. Hampir setiap ponsel akan meminta untuk mengaktifkan salah satu dari mode ini setelah daya tahan baterai kamu mencapai 20%. Tetapi kamu juga dapat mengaktifkannya kapan saja untuk memanfaatkan langkah-langkah penghematan energi.

6. Gunakan power bank

7 Tips dan trik untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet, bisa buat iPhone atau Android foto: freepik/pvproductions

Ketika kamu cenderung akan jauh dari stopkontak untuk waktu yang cukup lama, power bank dapat membantu menghindari pemakaian daya ponsel sepenuhnya.

Power bank juga dapat membantu kamu menghindari pengisian daya yang dalam, karena akan berdampak negatif pada masa pakai baterai. Power bank juga akan mengisi daya ponsel saat kamu membutuhkannya.

7. Kalibrasi baterai

7 Tips dan trik untuk membuat baterai smartphone kamu lebih awet, bisa buat iPhone atau Android foto: freepik/pe_jo

Ponsel menggunakan kombinasi sirkuit dan perangkat lunak untuk melaporkan kondisi baterai. Saat kamu menggunakan ponsel dari waktu ke waktu, kondisi baterai yang sebenarnya dan kondisi baterai yang dilaporkan dapat melenceng dari keselarasan.

Kamu biasanya dapat memperbaikinya dengan kalibrasi sederhana. Untuk mengkalibrasi baterai, disarankan kamu membiarkan baterai kosong di bawah 10% dan kemudian mengisinya hingga 100%. Kalibrasi memungkinkan ponsel melaporkan secara lebih akurat seperti apa kondisi baterai yang benar-benar penuh dan hampir habis.

Mengubah pengaturan smartphone

Selain semua tips yang telah disebutkan di atas, ada baiknya kamu memilih pengaturan ponsel agar tidak menguras baterai dengan cepat. Kamu bisa melkukan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan batas waktu layar yang lebih pendek atau durasi penguncian otomatis.

2. Redupkan layar atau memilih kecerahan layar otomatis.

3. Gunakan mode gelap pada ponsel dengan layar OLED (mode gelap pada jenis layar lain tidak memengaruhi masa pakai baterai).

4. Batasi aplikasi yang menggunakan terlalu banyak baterai.

5. Matikan suara atau getaran keyboard.

6. Gunakan aplikasi versi ringan atau versi web.

7. Matikan Bluetooth, GPS, NFC, dan Wi-Fi saat tidak digunakan.

8. Nonaktifkan atau tunda notifikasi yang tidak terlalu kamu perlukan.

Jadi untuk memperpanjang masa pakai baterai, mulailah dengan perubahan yang paling kecil tetapi dampaknya cukup besar terhadap penggunaan smartphone.

(brl/red)