7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif

7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif

Techno.id - Saat ini hampir semua orang kecanduan media sosial. Tentu saja hal ini bisa berdampak negatif, baik secara produktivitas maupun kesehatan. Banyak dari mereka yang belum menyadari betapa banyak waktu yang dibuang untuk menggulir media sosial.

Padahal, dari waktu yang mereka habiskan tersebut bisa untuk melakukan sesuatu yang lebih produktif. Jika kamu berada dalam situasi tersebut, berikut beberapa tips yang membantu kamu mengurangi waktu yang dihabiskan di aplikasi media sosial.

1. Menghapus aplikasi media sosial dari layar beranda

7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif foto: freepik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghapus semua aplikasi media sosial dari layar beranda ponsel. Ada alasan bagus untuk ini. Seberapa sering kamu mengangkat telepon untuk melakukan sesuatu yang produktif, seperti menyelesaikan tugas untuk klien, tetapi akhirnya justru mengetuk aplikasi media sosial yang ada di layar beranda? Mungkin ikon aplikasi tersebut memiliki daya tarik tertentu.

Jika aplikasi media sosial ini tidak tersedia di layar beranda, kemungkinan kamu membukanya akan berkurang. Dengan cara ini, kamu lebih cenderung fokus pada tugas dan pekerjaan.

2. Nonaktifkan pemberitahuan aplikasi media sosial

7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Salah satu alasan utama kamu terus-menerus memeriksa aplikasi media sosial adalah karena pemberitahuan yang kamu terima. Mungkin ada notifikasi tentang teman yang memposting reel baru atau kreator favorit kamu mengupload video baru. Dalam kedua kasus, kamu mungkin tergoda untuk memeriksanya.

Hal terburuk adalah kadang-kadang kamu mungkin akhirnya menggunakan aplikasi media sosial itu selama berjam-jam. Untuk menghentikan hal ini terjadi, yang terbaik adalah menonaktifkan pemberitahuan aplikasi media sosial. Dengan cara ini, tidak akan ada pemberitahuan dari aplikasi ini, dan kamu tidak akan tergoda untuk memeriksanya.

3. Hapus aplikasi media sosial yang tidak perlu

7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif foto: freepik

Ada suatu masa ketika Facebook adalah satu-satunya aplikasi media sosial yang popular di kalangan pengguna, tetapi sekarang orang memiliki banyak pilihan. Dari Facebook, Instagram, Snapchat, TikTok, hingga Threads. Ada daftar panjang aplikasi media sosial yang dapat kamu instal di ponsel cerdas. Namun, kamu harus selalu ingat bahwa semakin banyak aplikasi media sosial yang dimiliki, semakin besar kemungkinan kamu terganggu dari pekerjaan.

Misalnya, jika kamu selesai menggulir Instagram, kemudian bisa beralih ke Facebook. Setelah selesai dengan Facebook, kamu mungkin melompat ke Snapchat untuk melihat foto yang dikirim teman. Ini bisa menjadi cerita yang tidak pernah berakhir, dan kamu akhirnya hanya beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, yang pada akhirnya membuang-buang waktu.

Hal terbaik yang dapat kamu lakukan dalam situasi ini adalah menghapus aplikasi media sosial apa pun yang jarang kamu gunakan. Misalnya, jika semua teman kamu ada di Instagram, hapus semua aplikasi lain.

4. Manfaatkan fitur durasi layar

7 Tips mengatasi kecanduan media sosial, lebih baik gunakan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Baik Android dan iPhone menawarkan fitur batas waktu layar yang dapat digunakan untuk membatasi waktu yang kamu habiskan di aplikasi media sosial. Untuk mengatur batas waktu layar untuk aplikasi media sosial di iPhone, buka aplikasi Pengaturan, pilih Durasi Layar, lalu pilih Batas Aplikasi.

Pilih opsi Add Limit, dan perluas kategori Sosial. Pilih semua aplikasi media sosial tempat kamu ingin menerapkan batas waktu, lalu ketuk Berikutnya. Setelah itu, atur waktu yang kamu inginkan untuk mengizinkan kamu menggunakan aplikasi media sosial yang dipilih dan aktifkan opsi Blokir di Akhir Batas. Kemudian ketuk tombol Tambah.

Untuk menetapkan batas waktu pemakaian perangkat aplikasi media sosial di Android, kamu dapat menggunakan aplikasi Kesehatan Digital. Aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar perangkat Android, namun jika tidak ada di ponsel cerdas, kamu dapat mengunduhnya dari Play Store. Setelah menginstal aplikasi ini, buka menu Pengaturan di ponsel Android, pilih opsi Kebiasaan Digital & Kontrol Orang Tua, dan ketuk Timer Harian.

Ketuk aplikasi media sosial tempat kamu ingin menerapkan batas waktu, pilih opsi App Timer, lalu pilih jumlah waktu yang ingin kamu alokasikan ke aplikasi itu per hari. Kemudian, ketuk OK untuk menyimpan perubahan. Setelah timer habis, kamu tidak akan diizinkan untuk menggunakan aplikasi media sosial tersebut.

(brl/red)