7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih

Techno.id - Siapa nih yang suka berlibur ke pantai? Saat ini bukan rahasia lagi jika banyak pengguna gadget, akan mengabadikan berbagai momen mereka menggunakan perangkat elektronik, khususnya smartphone, termasuk saat berlibur.

Membawa gadget ke pantai memungkinkan kamu menangkap kenangan dan tetap terhubung sambil bersantai di bawah sinar matahari. Namun, penting untuk melindungi perangkat dari air, pasir, dan pencurian. Jadi, jika kamu khawatir merusak atau kehilangan gadget berharga di pantai, berikut adalah beberapa tips yang harus kamu ikuti.

1. Gunakan casing tahan air dan tahan pasir

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/iryna2009

Pasir dan air adalah ancaman utama bagi gadget di pantai. Percikan dan tumpahan air dapat meresap ke dalam ponsel, korsleting elektroniknya, sementara pasir halus, partikel abrasif dapat menggores layar, menyumbat port, dan menyusup ke komponen internal yang halus.

Tanpa perlindungan yang tepat, elemen-elemen ini dapat dengan cepat mengubah hari yang menyenangkan menjadi bencana teknologi yang mahal. Untuk mencegah hal ini, disarankan kamu menggunakan casing tahan air dan tahan pasir.

Casing tersebut akan menyegel perangkat kamu dengan aman, mencegah pasir, air, dan elemen berbahaya lainnya. Pastikan kamu menggunakan casing dengan segel ketat dan peringkat tahan air yang baik. Beberapa kasus bahkan tetap dapat mempertahankan responsivitas layar sentuh, memungkinkan kamu untuk memeriksa pesan dan suara tidak teredam saat menerima panggilan.

2. Simpan perangkat dalam ziploc atau kantong kering saat tidak digunakan

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: amazon.com

Jika tidak ingin menggunakan casing tahan air dan tahan pasir, alternatifnya kamu bisa menyimpan dalam tas Ziplock saat gadget tidak digunakan. Tas model ini menawarkan perlindungan penting terhadap kelembaban dan pasir. Pastikan tas disegel dengan benar untuk mencegah pasir atau air menyelinap masuk.

Jika kamu menghabiskan waktu lama di pantai atau memiliki hobi menggunakan gadget di dekat air, pertimbangkan untuk menggunakan kantong kering. Kantong-kantong ini memiliki segel kedap udara untuk mencegah air dan pasir, bahkan ketika terendam air. Selain itu, kantong kering menawarkan kompartemen empuk untuk perlindungan benturan dan tali yang dapat disesuaikan agar mudah dibawa.

3. Lindungi gadget dari panas berlebih

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/eyeem

Terlalu panas juga dapat merusak elektronik di pantai. Paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama dapat menyebabkan perubahan warna layar, bodi ponsel melengkung, atau kerusakan piksel, yang menyebabkan masalah tampilan sementara atau permanen. Kondisi ini juga dapat menurunkan masa pakai baterai dan menyebabkan komponen elektronik tidak berfungsi atau gagal total.

Untuk melindungi perangkat dari panas berlebih, selalu simpan di bawah payung pantai atau di dalam tas yang teduh. Menjaga perangkat dari sinar matahari langsung akan membantu menjaga suhu yang aman. Selain itu, bawalah kipas portabel untuk membantu mendinginkan perangkat jika mulai terlalu panas saat digunakan di pantai.

Jika merasa gadget kamu mulai terlalu panas saat digunakan, kamu dapat mematikannya untuk sementara. Cara ini menghentikan semua operasi aktif dan memungkinkan sisa panas menghilang secara efektif.

4. Gunakan gadget tahan air

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/thuynhungle99

Jika sering pergi ke pantai, kamu bisa menggunakan gadget khusus tahan air. Perangkat ini dirancang dengan segel yang disempurnakan, pelapis khusus, dan bahan yang tahan lama untuk menahan paparan kelembaban dan air. Sebelum membeli, periksa sertifikasi seperti peringkat IP (Ingress Protection), yang menunjukkan tingkat ketahanan air dan debu.

Misalnya, peringkat IP67 atau IP68 berarti perangkat dapat menangani perendaman dalam air hingga kedalaman tertentu untuk durasi tertentu. Banyak smartphone, kamera, jam tangan pintar, dan headphone hadir dengan peringkat ini.

(brl/red)