7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih

7 Tips menjaga gadget saat berlibur di pantai

5. Bersihkan tangan sebelum memegang gadget

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/eyeem

Saat kamu mengeluarkan perangkat dari tas dan casing pelindungnya, pastikan tangan bersih. Pasir, tabir surya, air asin, dan residu lainnya dapat dengan cepat berpindah ke perangkat. Pasir dapat menggores layar, minyak dari tabir surya dapat membuat layar sentuh tidak responsif, dan air asin dapat menimbulkan korosi pada port dan konektor.

Untuk mencegah masalah ini, bilas tangan kamu dengan air tawar untuk menghilangkan pasir, garam, dan residu lainnya, lalu keringkan dengan handuk bersih. Jika air tawar tidak tersedia, gunakan tisu basah. Juga, simpan kain mikrofiber di tas untuk membersihkan perangkat jika kamu secara tidak sengaja menyentuhnya dengan tangan kotor atau lembab.

6. Gunakan ransel anti-maling dengan ritsleting yang dapat dikunci

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/maria69

Selain kerusakan fisik, kamu juga perlu melindungi gadget dari pencurian. Ransel anti-maling dengan ritsleting yang dapat dikunci adalah cara terbaik untuk menjaga barang-barang berharga tetap aman. Tas-tas ini memiliki fitur keamanan canggih untuk mencegah pencurian, kantong tersembunyi untuk mengamankan barang-barang mahal, dan bahan tahan tebasan untuk mencegah pencuri memotong kain.

Saat memilih tas seperti itu, pastikan untuk memilih yang terbuat dari nilon tahan potong atau poliester yang diperkuat, dengan dukungan untuk kunci kombinasi. Carilah tali empuk dan panel belakang dengan ventilasi untuk menambah kenyamanan. Selalu kunci ranselmu dan gunakan kantong tersembunyi untuk menyimpan barang-barang yang paling berharga.

7. Jangan tinggalkan barang tanpa pengawasan

7 Tips menjaga keamanan gadget saat berlibur di pantai, hindari dari panas berlebih foto: freepik/ijeab

Untuk melindungi gadget, jangan pernah meninggalkan tanpa pengawasan, karena perangkat adalah target utama pencuri. Baik bersama keluarga atau teman, pastikan seseorang selalu mengawasi barang-barang kamu. Selalu jaga perlengkapan kamu dalam jarak pandang. Kamu juga dapat menggunakan kotak kunci untuk mengamankannya ke kursi pantai atau tiang payung.

Jika memiliki gadget mahal, hindari menggunakannya secara berlebihan untuk menghindari menarik perhatian. Gunakan handuk atau selimut yang cerah dan khas untuk mengidentifikasi lokasi kamu dari kejauhan dengan cepat. Pertimbangkan untuk menempatkan pelacak di dalam tas yang dapat dikunci jika belum memilikinya, memungkinkan kamu untuk menemukannya jika dicuri.

Selain itu, tetap aktifkan fitur anti-pencurian seperti Find My Device (Temukan Perangkat Saya) di perangkat. Fitur ini memungkinkan kamu melacak perangkat dengan mudah jika terjadi pencurian. Terakhir, bawa peralatan teknologi minimal ke pantai dan hindari membawa barang-barang mahal jika memungkinkan.

(brl/red)