8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel

8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel

Techno.id - Pelindung layar atau yang biasa disebut kebanyakan orang sebagai anti gores, bukan sekadar aksesoris. Tapi benar-benar menjadi salah satu pengaman untuk perangkat kamu, baik ponsel maupun tablet.

Saat ini di pasaran sudah banyak pelindung layar yang sesuai dengan tipe layar perangkat pengguna. Dari sisi bahan biasanya pelindung layar terdiri dari dua jenis yakni kaca tempered dan plastic film.

Menggunakan anti gores ini akan memberikan perlindungan ekstra pada layar, khususnya smartphone sebagai perangkat yang paling sering digunakan sehari-hari. Nah selain menambahkan casing, memasang pelindung layar pada ponsel juga sangat penting lho. Berikut 8 alasan penting mengapa kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel.

1. Perlindungan dari jatuh dan benturan

8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel foto: unsplash/greg rosenke

Pelindung layar smartphone dapat melindungi ponsel kamu dari situasi yang tidak terduga seperti jatuh atau terkena benturan. Saat ponsel kamu jatuh dengan posisi tertelungkup, mungkin kamu berpikir hal tersebut akan merusak layar.

Namun ketika kamu membaliknya, bukan tidak mungkin layar ponsel kamu masih dalam kondisi aman karena telah menggunakan pelindung layar atau kaca antigores.

Menambahkan pelindung layar ke ponsel mungkin tidak akan melindungi dari tetesan air yang parah. Tetapi untuk saat-saat ketika kamu tidak sengaja menjatuhkan ponsel dari meja kerja, pelindung layar bisa sangat membantu.

2. Perlindungan dari goresan

8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel foto:freepik/pikisuperstar

Sebagian besar model smartphone baru, bagian layarnya sudah terbuat dari Corning Gorilla Glass. Meskipun tahan gores, namun tidak anti gores.

Meskipun semua smartphone pada akhirnya akan mengalami goresan, namun penggunaan pelindung layar akan meminimalisir hal tersebut. Goresan pada ponsel biasanya terjadi ketika pengguna memasukkan ke dalam saku. Jika hal tersebut dilakukan secara kontinyu, bukan tidak mungkin akan menyebabkan goresan pada layar.

Nah jika kamu menginginkan perlindungan ekstra, mungkin bisa menggunakan pelindung layar safir yang memiliki peringkat sedikit lebih tinggi dari Gorilla Glass pada skala kekerasan Mohs.

3. Mengurangi ketegangan mata

8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel foto:unsplash/magnet.me

Pelindung layar dengan lapisan matte membuat pantulan menjadi kurang jelas, sehingga mengurangi silau. Namun, pelindung layar yang lebih baru menggunakan perawatan kimia untuk memberikan lapisan pelindung layar tambahan.

Pelindung layar anti-reflektif (AR) ini membelokkan cahaya, sehingga mengurangi silau dan pantulan cahaya, baik dari ponsel itu sendiri maupun dari lingkungan, seperti sinar matahari. Dengan mengurangi pantulan cahaya maka akan meningkatkan visibilitas layar sehingga melindungi mata dari ketegangan karena silau. Bahkan saat ini kamu bisa membeli pelindung layar ponsel dengan penyaring sinar UV dan sinar biru.

4. Mengurangi akumulasi kotoran

8 Alasan penting kamu harus memasang pelindung layar pada ponsel foto: freepik/tirachardz

Karena penggunaan yang terus-menerus, ponsel dapat menumpuk bakteri. Beberapa pelindung layar memiliki sifat antimikroba yang tertanam dalam kaca. Fungsinya untuk menghilangkan bakteri dari layar. Selain itu, beberapa pelindung layar juga memiliki lapisan pengusir debu.

Saat kamu ingin membeli pelindung layar ponsel, carilah yang memiliki lapisan oleophobic atau lipophobic. Oleophobic berarti takut minyak, dan pelindung layar dengan lapisan ini akan tetap jernih. Namun kamu masih harus membersihkannya sesekali untuk menyingkirkan sisa sidik jari. Ini adalah lapisan perlindungan yang praktis. Sayangnya, lapisan oleophobic tidak bertahan selamanya. Kamu mungkin harus mengganti pelindung layar ketika saatnya tiba.

(brl/red)