8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya

8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya

Techno.id - Pernahkan kamu mengalami saat sedang beraktivitas namun kondisi baterai iPhone tersisa 1% akibat lupa mengisi daya di malam sebelumnya. Kondisi ini pasti bikin panik. Apalagi jika kamu tidak membawa power bank dan berada jauh dari stopkontak pengisisan daya.

Dalam kondisi seperti ini ketika kamu akhirnya menemukan tempat pengisian daya, maka bisa mengisi daya iPhone dengan cepat. Efisiensi pengisian daya bukan hanya tentang cara kamu mengisi daya ponsel baik kabel atau nirkabel, tetapi seberapa cepat iPhone kamu menerima arus listrik untuk mengisi daya baterai. Berikut beberapa cara mengisi daya iPhone dengan cepat.

1. Ganti adaptor pengisi daya

8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya foto: freepik/rawpixel.com

Cara tercepat untuk mengisi daya iPhone adalah dengan menggunakan pengisi daya cepat. Setidaknya kamu bisa menggunakan adaptor daya 20 watt dengan kabel USB-C ke Lightning atau USB-C ke USB-C untuk model iPhone 15.

Jika kamu memiliki iPhone 8 atau lebih baru, maka dapat mengisi daya ponsel dengan cepat dari mati hingga baterai terisi 50% hanya perlu waktu sekitar 30 menit. Jika memiliki waktu luang satu jam, kamu dapat mengisi penuhnya. Bahkan hanya 10 menit pengisian cepat dapat meningkatkan baterai hingga dua digit. Jadi jika kamu kekurangan waktu, selalu gunakan opsi pengisi daya cepat.

Apple tidak lagi menyediakan adaptor daya saat kamu membeli ponsel baru, hanya kabelnya saja. Tetapi kamu dapat membeli adaptor daya 20 watt Apple dari Apple. Kamu juga dapat menggunakan adaptor daya pengisian cepat lainnya yang kompatibel, tetapi kamu memerlukan setidaknya adaptor 20 watt untuk mengisi daya cepat iPhone 12 dan yang lebih baru.

2. Isi daya secara nirkabel dengan cara tercepat

8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya foto: freepik/rawpixel.com

Cara tercepat kedua untuk mengisi daya iPhone adalah dengan pengisi daya MagSafe Apple dan adaptor daya 20 watt. Tetapi agar ini berfungsi, kamu harus memiliki iPhone 12 atau lebih baru untuk mendapatkan pengisian nirkabel 15 watt yang lebih cepat. Jika iPhone mati, kamu akan mendapatkan sekitar 30% daya baterai dalam waktu sekitar 30 menit pengisian nirkabel.

Sebagai perbandingan, pengisi daya MagSafe mendukung 15 watt, pengisi daya Qi hanya memberi hingga 7.5 watt, yang jauh lebih lambat daripada MagSafe dan hanya sedikit lebih cepat daripada pengisi daya dinding 5 watt bawaan Apple. Perhatikan bahwa pengisi daya nirkabel magnetik yang tidak bersertifikasi MagSafe juga akan mengisi daya dengan kecepatan 7,5 watt yang lebih lambat.

3. Jangan gunakan komputer untuk mengisi daya

8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya foto: freepik/new africa

Laptop juga dapat mengisi daya iPhone, terutama jika kamu menghabiskan sebagian besar hari di depan komputer. Sayangnya, komputer akan selalu mengisi daya ponsel jauh lebih lambat daripada pengisi daya dinding atau pengisi daya nirkabel.

Port USB komputer, baik itu USB-A yang lebih besar dan lama atau USB-C yang lebih baru dan lebih kecil, tidak dapat memberikan jumlah daya yang sama seperti stopkontak mana pun, bahkan adaptor daya 5 watt. Apalagi jika kamu memiliki komputer lama dengan port USB yang rusak atau kabel pengisi daya yang tidak kompatibel, keduanya dapat memperlambat proses pengisian daya lebih lanjut.

4. Jangan gunakan iPhone selama pengisian daya

8 Cara cepat mengisi baterai iPhone, jangan gunakan perangkat selama pengisian ulang daya foto: freepik/rawpixel.com

Jika ingin iPhone mengisi daya secepat mungkin, cobalah untuk tidak menggunakan iPhone selama pengisian daya tersebut. Jika kamu melakukan streaming video atau bermain game selular sambil mengisi daya iPhone, baterai akan terisi jauh lebih lambat.

(brl/red)