8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik 

8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik 

Techno.id - Menangkap gambar matahari terbenam adalah salah satu genre fotografi ponsel cerdas paling popular. Namun bukan berarti mudah untuk memotret situasi tersebut. Berikut adalah tips mengambil gambar yang menakjubkan selama golden hour dengan ponsel cerdas.

1. Matikan lampu kilat

8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik foto: freepik/eyeem

Cara terbaik untuk meningkatkan fotografi matahari terbenam ponsel cerdas secara instan adalah dengan mematikan fitur lampu kilat. Perangkat kamu akan sering menyalakannya secara default dalam situasi cahaya redup, namun hal itu dapat membuat hasil foto menjadi tidak masimal.

Saat berada di aplikasi kamera ponsel, kamu dapat mematikan lampu kilat melalui ikon petir di layar. Sebaiknya periksa juga pengaturan perangkat untuk melihat apakah dapat mematikan fitur tersebut sama sekali. Mematikan lampu kilat juga sangat bagus untuk mengambil selfie golden hour yang lebih baik, dan sangat membantu saat memotret lanskap.

2. Mengubah filter kamera

8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik foto: freepik/user17316117

Salah satu cara favorit untuk mengubah tampilan gambar ponsel cerdas adalah dengan menyesuaikan filter kamera untuk mendapatkan efek tertentu. Kamu bisa menggunakan filter Vivid untuk menangkap matahari terbenam.

Menggunakan filter yang menambahkan lebih banyak warna adalah salah satu cara untuk menyempurnakan foto. Bisa juga mengubah ke efek kamera yang menambah kehangatan pada gambar. Kamu dapat menambahkan atau mengubah filter ini nanti, jadi ada baiknya bereksperimen untuk melihat mana yang paling kamu sukai. Jika kamu menggunakan iPhone, lihat semua filter kamera iPhone yang berbeda dan kapan menggunakannya.

3. Gunakan mode lanskap

8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik foto: freepik/hellodavidpradoperucha

Kebanyakan dari kita lebih senang mengambil gambar dalam mode potret. Karena 4:5 adalah rasio aspek paling popular di Instagram. Namun terkadang, mode potret tidak akan mendapatkan hasil yang paling optimal.

Nah dengan memutar ponsel ke samping atau memotret dalam mode lanskap adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk mengambil foto matahari terbenam yang menakjubkan. Kamu bisa mengabadikan pemandangan bergaya panorama, dan jenis foto matahari terbenam sangat cocok menggunakan mode lanskap. Menggunakan mode lanskap juga bagus untuk memotret pemandangan kota saat matahari terbenam.

4. Sertakan orang-orang dalam bidikan

8 Cara memotret foto matahari terbenam dengan ponsel cerdas agar hasilnya estetik foto: freepik/eyeem

Salah satu cara terbaik untuk membuat foto terlihat menarik adalah dengan menyertakan orang-orang di dalamnya. Kamu bisa menambahkan orang ke foto matahari terbenam dengan beberapa cara, termasuk potret dan foto bergaya jalanan. Kamu juga bisa mengambil foto matahari terbenam di ponsel cerdas dengan menyertakan orang sebagai siluet.

Menangkap orang dalam bidikan lebih mudah jika kamu berada di tempat yang ramai dan tidak ingin mengambil gambar yang sama persis dengan orang lain. Mereka juga dapat menambahkan elemen lain pada cerita foto kamu, terutama jika kamu mencoba lebih banyak gaya fotografi dokumenter.

Mempelajari aspek-aspek penting dari jenis fotografi yang melibatkan orang-orang akan membantu foto lebih menonjol. Misalnya, ada baiknya mempelajari cara mengurangi gangguan pada fotografi jalanan.

(brl/red)