8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya

8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya

Techno.id - Jika ponsel cerdas kamu tidak bisa mengisi daya dengan benar, jangan beli kabel dan adaptor pengisi daya dulu. Banyak masalah pengisian daya dapat diselesaikan dalam hitungan menit dengan memeriksa ponsel, kabel, atau sumber pengisian daya.

Ada beberapa solusi untuk masalah pengisian daya umum yang kerap dialami ponsel cerdas dan tablet Android dan iOS. Periksa kesehatan baterai ponsel saat menggunakannya, karena masalah pengisian daya berjalan seiring dengan masalah baterai. Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah pengisian daya di ponsel cerdas.

1. Periksa sumber daya

8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya foto: freepik/pvproductions

Sebelum mulai mengutak-atik iPhone atau perangkat Android, periksa sumber daya terlebih dahulu. Pastikan stopkontak listrik berfungsi dengan baik.

2. Periksa adaptor

8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya foto: freepik/mateus andre

Beberapa adaptor mungkin tidak memberikan energi yang cukup untuk memberi daya pada ponsel. Biasanya, ponsel membutuhkan setidaknya 5 Watt untuk mengisi daya. Jadi jika kamu memiliki adaptor dengan kapasitas di bawah 5 Watt mungkin tidak cukup untuk mengisi daya ponsel. Memeriksa output Watt sangat mudah. Biasanya tertulis pada adaptor pengisi daya, atau outputnya dinyatakan dalam volt dan ampere.

3. Periksa port pengisi daya

8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya foto: freepik/omerfarukordulu

Jika pengisi daya memiliki beberapa port, colokkan perangkat kamu ke port lain dan pastikan tidak ada perangkat lain yang dicolokkan. Selain itu, ponsel mungkin perlu beberapa saat untuk mulai mengisi daya kecuali kamu menggunakan pengisi daya ultra-cepat. Jika baterainya benar-benar habis, biarkan di setiap port selama beberapa menit.

4. Identifikasi pengisi daya yang rusak

8 Cara memperbaiki iPhone atau ponsel Android yang tidak bisa mengisi daya foto: freepik/poravute

Jika ponsel masih tidak dapat mengisi daya, masalah pengisian daya dapat disebabkan pengisi daya yang rusak. Cara mudah untuk memeriksa apakah masalah berasal dari adaptor adalah dengan mencolokkan ponsel ke port USB-C di laptop atau komputer desktop. Jika ponsel mulai mengisi daya, kamu harus mengganti pengisi daya, tetapi kamu dapat mengandalkan port USB lain untuk sementara waktu.

(brl/red)