8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis

8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis

Techno.id - Mungkin kamu pernah mengalami saat menggunakan web browser Google Chrome, ketika beralih antar tab, beberapa tab dimuat ulang (refresh) secara otomatis. Kondisi ini bisa sangat mengganggu. Masalah tersebut muncul biasanya disebabkan manajemen memori Chrome. Berikut cara mencegah tab Chrome nge-refresh otomatis.

1. Tutup tab yang tidak perlu

8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis foto: tangkapan layar

Saat kamu membuka terlalu banyak tab Chrome, browser akan membuang yang tidak aktif. Ini akan membongkarnya dari memori fisik untuk mengosongkan RAM untuk tab aktif. Untuk memberi Chrome lebih banyak sumber daya memori, tutup semua tab yang tidak kamu perlukan. Kamu dapat menandai yang mungkin diperlukan nanti dengan menggunakan ekstensi pengatur bookmark untuk mempermudah pengelolaan dan menemukannya.

2. Mulai ulang Google Chrome

8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis foto: tangkapan layar

Jika tab masih dimuat ulang secara otomatis saat kamu tidak membuka banyak tab, itu bisa menjadi kesalahan sementara. Memulai ulang Chrome dapat membantu memperbaikinya.

Jadi, tutup Chrome, tetapi sebelum meluncurkannya kembali, buka Task Manager di Windows atau Monitor Aktivitas di macOS dan tutup semua proses latar belakang yang masih dijalankan browser. Jika itu tidak berhasil, sebaiknya perbarui Chrome dan memulai ulang. Untuk melakukannya, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Bantuan > Tentang Google Chrome.

Chrome akan memperbarui dirinya sendiri jika pembaruan tersedia. Setelah itu, klik Luncurkan kembali di Tentang Chrome layar untuk memulai ulang browser.

3. Periksa ekstensi Google Chrome

8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis foto: tangkapan layar

Meskipun ekstensi meningkatkan pengalaman menjelajah di Google, beberapa mungkin mengganggu pengelolaan tab Chrome. Mungkin juga ada beberapa yang menggunakan banyak RAM. Semua ini dapat menyebabkan Chrome me-refresh beberapa tab secara otomatis.

Untuk memperbaikinya, coba tutup semua ekstensi. Kamu dapat menggunakan Task Manager bawaan untuk menemukannya. Untuk mengaksesnya, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar dan pilih Alat Lainnya > Pengelola Tugas. Di Task Manager, pilih ekstensi yang kamu curigai mengganggu Chrome atau menghabiskan terlalu banyak RAM, lalu klik Akhiri proses.

Kamu juga dapat mencoba mengaktifkan dan menonaktifkan ekstensi satu per satu untuk mengidentifikasi ekstensi yang bermasalah. Untuk melakukannya, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Ekstensi > Kelola Ekstensi.

Untuk mengaktifkan ekstensi, klik sakelar di sudut kanan bawah kartunya dan akan berubah menjadi biru saat aktif. Setelah tahu kstensi tidak menyebabkan masalah, klik sakelar lagi untuk menonaktifkannya.

4. Menggunakan ekstensi manajemen tab

8 Cara memperbaiki tab Chrome yang terus refresh otomatis foto: tangkapan layar

Jika sistem memiliki sumber daya yang cukup, kamu dapat menginstal ekstensi Refresh Otomatis Tab dan membiarkannya mengelola tab kamu. Refresh Otomatis Tab memungkinkan kamu mengatur waktu yang tepat ekstensi harus memuat ulang tab.

Ini memungkinkan kamu untuk menghentikan tab tertentu agar tidak memuat ulang untuk waktu yang lama atau memuatnya kembali setiap beberapa detik jika kamu menunggu pembaruan.

Untuk melakukannya, buka ekstensi pada tab yang kamu inginkan untuk dikelola. Kemudian, pilih atau masukkan waktu yang diinginkan Tab Auto Refresh untuk memuat ulang tab dan klik Terapkan.

(brl/red)