8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi

8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi

Techno.id - Setelah bertahun-tahun digunakan secara konsisten, laptop dipastikan bakal melambat, antarmukanya menjadi berantakan, dan kehilangan daya tarik visualnya. Namun, dengan beberapa perawatan sederhana, kamu dapat membuatnya terasa seperti baru.

Jika mempertimbangkan untuk mengganti laptop lama, tips ini mungkin membuat kamu berpikir ulang terhadap keputusan tersebut. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat laptop lama kamu terasa baru lagi.

1. Pasang SSD baru

8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi foto: freepik/nmmobile789

Kamu bisa meningkatkan kinerja laptop dengan memutakhirkan dari hard drive (HDD) tradisional ke solid-state drive (SSD). HDD menggunakan disk berputar untuk membaca dan menulis data dan melambat seiring waktu. Sebaliknya, SSD menggunakan memori flash, yang mengurangi waktu boot, mempercepat pemuatan aplikasi dan memungkinkan transfer file yang lebih cepat.

Jika kamu belum pernah menggunakan laptop dengan SSD, beralih ke opsi ini akan membuat sistem laptop kamu terasa secepat laptop baru. Plus, SSD baru akan bebas dari kekacauan drive lama.

2. Merapikan desktop komputer

8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi foto: freepik/rawpixel.com

Selain itu, pintasan dan file yang tersebar dapat mengurangi daya tarik visual antarmuka desktop. Selain memengaruhi kinerja laptop, tetapi kondisi tersebut juga bisa memengaruhi fokus kamu. Merapikan desktop yang berantakan akan memberikan tampilan baru pada laptop dan meningkatkan pengaturan.

Jika kamu memiliki banyak file atau pintasan game di desktop, buat folder khusus untuk setiap kategori dan pindahkan ke sana. Hapus file yang ingin kamu gunakan hanya sekali tetapi masih ada di desktop. Simpan hanya pintasan penting dan hapus atau pindahkan sisanya untuk menjaga desktop tetap bersih dan teratur.

3. Bersihkan laptop secara teratur

8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi foto: freepik

Selama bertahun-tahun penggunaan, debu dan kotoran akan menumpuk di layar, keyboard, dan port laptop. Sidik jari dan noda menutupi bodi laptop, terutama di sekitar trackpad dan area yang berdekatan. Penumpukan ini mengurangi daya tarik visual laptop, membuatnya terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Selain itu, ventilasi yang tersumbat mengganggu aliran udara, menyebabkan masalah panas berlebih dan kinerja.

Untuk mengembalikan penampilannya dan mencegah panas berlebih, bersihkan laptop secara menyeluruh. Gunakan kain mikrofiber dengan pembersih yang aman untuk layar untuk layar, kain lembab untuk eksterior, udara terkompresi untuk meniup kotoran dari keyboard, dan jika memungkinkan buka panel belakang untuk membuka sumbatan ventilasi udara.

4. Pasang baterai baru

8 Cara sederhana untuk membuat laptop Windows lama kamu terasa baru lagi foto: freepik/andn

Mengganti baterai adalah cara yang terjangkau untuk menghembuskan kehidupan baru ke laptop. Jika laptop kamu berjuang untuk bertahan lebih dari satu atau dua jam dengan daya baterai, itu jelas menunjukkan bahwa baterai perlu diganti. Kamu juga dapat membuat laporan kesehatan baterai untuk menilai apakah perlu menggantinya sekarang atau mungkin perlu melakukannya di masa mendatang.

Baterai baru tidak hanya mengembalikan kebebasan untuk menggunakan laptop lebih lama tanpa ditambatkan ke stopkontak, tetapi juga dapat mencegah pelambatan kecepatan pemrosesan. Jika laptop memiliki baterai yang dapat diganti, kamu dapat dengan mudah membeli baterai yang kompatibel dan menukarnya. Kamu mungkin memerlukan bantuan profesional untuk mengganti baterai yang menggunakan sistem terintegrasi atau ditanam di dalam laptop.

(brl/red)