8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya

8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Kamu pengguna Chromebook dan merasa perangkat berjalan lambat, jangan keburu berpikiran harus menggantinya. Ada beberapa penyebab yang membuat Chromebook kamu lemot. Berikut perbaikan yang dapat kamu lakukan untuk memulihkan kecepatan secara penuh.

1. Terlalu banyak tab yang terbuka

8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya foto: freepik/frolopiaton palm

Masalah paling umum yang menyebabkan Chromebook melambat adalah terlalu banyak tab yang terbuka. Setiap tab yang terbuka menghabiskan sebagian dari RAM. Jadi jika kamu memiliki banyak situs web yang terbukaatau hanya satu atau dua tab dengan game berbasis browser terbukamungkin kamu melihat semuanya melambat.

Kamu dapat meringankan masalah ini dengan menutup tab yang tidak digunakan secara aktif. Membuat folder bookmark tab penting akan membantu kamu mengambil apa pun yang dibutuhkan tanpa membukanya. Beberapa ekstensi Chrome untuk mengelola tab juga dapat membantu.

2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang

8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Chromebook kamu melambat jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Seperti halnya tab browser, aplikasi latar belakang menghabiskan sebagian RAM secara tidak jelas. Selain itu juga dapat menghabiskan sumber daya sistem berharga lainnya.

Kamu dapat mengakses pengelola tugas ChromeOS dengan menekan Search + Esc secara bersamaan. Saat menggulir proses latar belakang, kamu dapat mengidentifikasi layanan bermasalah melalui jejak memori dan penggunaan CPU dan menghilangkannya dengan memilihnya dan mengklik Akhiri proses.

Kamu harus mencari aplikasi dan layanan intensif sumber daya secara online untuk memastikan aman saat menutupnya sebelum mengakhiri proses apa pun.

3. Perlu memulai ulang

8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Terkadang, Chromebook hanya perlu memulai ulang. Proses terkadang berjalan lebih lama dari yang seharusnya, dan memulai ulang komputer akan mengakhiri semua tugas yang memakan RAM.

Kamu dapat memulai ulang Chromebook dengan mengklik waktu di sudut kanan bawah layar, lalu mengklik ikon tombol daya. Setelah menu opsi yang diperluas muncul, klik Restart dan tunggu Chromebook boot lagi.

4. Perlu menghapus ekstensi browser yang menuntut

8 Penyebab performa Chromebook lemot, begini cara memperbaikinya foto: tangkapan layar

Jika memulai ulang Chromebook tidak cukup untuk membantu, ada kemungkinan bahwa proses pemakan RAM yang bermasalah dibangun langsung ke browser. Dengan kata lain, dalam ekstensi browser yang telah kamu instal di Google Chrome.

Kamu dapat menghapus ekstensi dari Chrome dengan menavigasi melalui tiga titik horizontal (...) > Ekstensi > Kelola Ekstensi dan melihat ekstensi yang telah diinstal. Kamu harus menghapus apa pun yang tidak lagi digunakan dengan tombol Hapus.

Di luar itu, Kamu dapat memeriksa apakah ada ekstensi browser yang ingin dipertahankan yang menyebabkan masalah kinerja. Coba nonaktifkan setiap ekstensi atau periksa penggunaan sumber dayanya di pengelola tugas.

(brl/red)