8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar

8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar

Techno.id - Saat ini smartphone menjadi daily driver yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas hampir semua orang. Baik untuk hiburan, mencari informasi, terkoneksi dengan teman dan orang yang dicintai, termasuk membantu pekerjaan atau produktivitas, sebagian dilakukan di smartphone.

Hanya saja, kebanyakan dari kita kerap lalai melakukan perawatan yang layak pada perangkat digital tersebut. Nah kurangnya perhatian ini dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi yang lamban, hilangnya daya tarik visual, dan masalah lainnya. Agar ponsel kamu tetap berkinerja terbaik, berikut beberapa cara yang wajib kamu lakukan secara teratur.

1. Ganti pelindung layar

8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar foto: freepik/dmitrytph

Pelindung layar fungsinya untuk melindungi layar ponsel dari goresan dan retakan serta menjaga akibat benturan dari jatuh untuk menjaga layar tetap utuh. Kendati begitu, pelindung itu sendiri dapat aus, tergores, atau terkelupas. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi tampilan layar ponsel tetapi juga dapat mengurangi sensitivitas sentuhan.

Karena itu kamu harus mengganti pelindung layar segera setelah melihat kerusakan atau keausan. Jika sebelumnya kamu menggunakan pelindung berkualitas rendah, sebaiknya tingkatkan ke pelindung yang terbuat dari kaca tempered atau plastik berlapis untuk daya tahan dan perlindungan yang lebih baik.

2. Bersihkan ponsel secara menyeluruh

8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar foto: freepik

Seiring waktu, kotoran dan debu dapat menumpuk di ponsel, membuatnya terlihat jauh lebih kusam dari yang seharusnya. Debu dan noda dapat mengurangi daya tarik visual, sementara kotoran dan partikel halus dapat bersarang di port pengisian daya. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah pengisian daya dan memengaruhi kualitas audio mikrofon dan speaker.

Untuk mencegah masalah ini, kamu wajib membersihkan port USB, jack headphone, speaker dan kisi-kisi mikrofon, layar, dan bodi ponsel secara teratur. Untuk layar dan bodi, gunakan kain mikrofiber yang lembut, dan jika perlu, sedikit basahi dengan air atau pembersih yang aman untuk menghilangkan noda membandel yang sulit dibersihkan. Untuk port dan grill sepaker, kamu dapat menggunakan sikat lembut. Jangan lupa untuk membersihkan casing ponsel.

3. Kosongkan ruang penyimpanan

8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar foto: freepik/rawpixel.com

Memiliki penyimpanan yang penuh atau hanya memiliki sedikit ruang kosong yang tersisa dapat memperlambat ponsel. Akibatnya bisa menyebabkan aplikasi macet dan mogok, bahkan dapat berdampak negatif pada pengalaman penggunaan ponsel secara keseluruhan.

Untuk mencegahnya, kamu wajib secara teratur mengosongkan ruang penyimpanan agar ponsel memiliki cukup ruang untuk bernapas dengan lancar. Mulailah dengan menghapus cache dan file sementara untuk mendapatkan kembali ruang. Kemudian, hapus foto dan video duplikat atau yang tidak perlu. Kamu juga dapat mengunggah file media besar ke penyimpanan cloud dan menghapusnya dari ponsel. Demikian pula, kamu dapat menghapus percakapan lama, file yang tidak perlu, dan item yang tersisa di Recycle Bin.

4. Periksa pembaruan perangkat lunak yang tersedia

8 Perawatan yang wajib kamu lakukan untuk menjaga ponsel tetap berjalan lancar foto: freepik/plusonevector

Kamu wajib menginstal pembaruan perangkat lunak secara teratur agar ponsel tetap berjalan lancar, memperbaiki kerentanan keamanan, dan mendapatkan akses ke fitur yang baru dirilis. Meskipun sebagian besar ponsel secara otomatis memeriksa dan menginstal update, bisa jug perangkat melewatkannya jika kamu menggunakan data seluler atau menonaktifkan download otomatis.

Untuk memeriksa pembaruan di Android, buka aplikasi Pengaturan, buka Pembaruan Perangkat Lunak, dan ketuk Unduh dan Instal. Jika pembaruan tersedia, ketuk Unduh untuk menyelesaikan prosesnya. Di iPhone, buka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Umum, lalu unduh dan instal pembaruan.

Untuk memastikan tidak lupa memperbarui ponsel ke versi sistem operasi terbaru di masa mendatang, pastikan untuk mengaktifkan kembali pembaruan perangkat lunak otomatis jika dimatikan.

(brl/red)