8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android

8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android

Techno.id - Buat kamu yang suka mendengarkan musik dari perangkat Android, mungkin pernah mengalami kualitas audionya bermasalah. Jika audio kamu terdengar teredam, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya, mulai dari membersihkan perangkat secara fisik hingga masuk ke opsi pengembang. Brikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas audio di perangkat Android.

1. Membersihkan headphone atau speaker

8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android foto: freepik/miglagoa

Jika audio kamu terdengar kurang baik, langkah pertama adalah memastikan speaker telepon, headphone, atau speaker eksternal tidak terhalang debu atau kotoran. Sering kali, hanya sedikit pembersihan akan menyelesaikan masalah.

Kamu dapat membersihkan earbud dengan hati-hati menggunakan kapas dan alcohol. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan untuk membersihkan speaker ponsel. Untuk membersihkan debu dari speaker, gunakan kain mikrofiber.

2. Menggunakan equalizer

8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android foto: freepik/sensay

Jika merasa suara bass tidak cukup keras, atau nada tinggi terlalu tinggi, kamu dapat menyesuaikan pengaturan equalizer, baik pada aplikasi layanan streaming musik dan maupun perangkat Bluetooth yang memiliki aplikasi equalizer.

Untuk mengubah pengaturan suara di Spotifymisalnya, buka Pengaturan > Pemutaran > Equalizer. Kamu dapat memilih dari berbagai preset, atau menyesuaikan frekuensi yang berbeda secara manual.

Jika kamu menggunakan sepasang headphone atau earbud Bluetooth yang disertakan dengan aplikasi, ada kemungkinan aplikasi memiliki pengaturan equalizer. Kamu dapat mencarinya di sekitar aplikasi, atau memeriksa panduan pengguna untuk informasi yang lebih spesifik.

3. Pengaturan teknis dalam opsi pengembang

8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Opsi pengembang adalah alat hebat dalam perangkat Android yang memungkinkan kamu membuat lebih banyak perubahan pengaturan lanjutan di ponsel. Untuk melakukannya membutuhkan beberapa langkah yang tidak terlalu sulit.

Untuk mengaktifkan opsi pengembang, buka Pengaturan > Tentang ponsel, lalu ketuk berulang kali pada nomor Build hingga opsi pengembang diaktifkan. Di opsi developer, kamu akan melihat beberapa setelan yang berguna. Salah satu opsi untuk kualitas suara adalah codec audio Bluetooth yang digunakan ponsel dengan perangkat Bluetooth.

Alat hebat lainnya dalam opsi pengembang adalah mengaktifkan audio HD untuk memastikan kamu mendapatkan audio berkualitas tinggi. Kamu juga dapat menyesuaikan laju sampel audio Bluetooth, kedalaman bit, atau mode saluran dan melihat mana yang paling cocok.

Terakhir, jika kamu merasa volumenya terlalu rendah, maka dapat menonaktifkan volume absolut dalam opsi pengembang. Ini membuatnya agar perangkat tidak secara otomatis mengecilkan volume, jadi berhati-hatilah saat dinonaktifkan, sehingga tidak meniup gendang telinga.

4. Cobalah fitur EQ dan volume otomatis

8 Tips mudah meningkatkan kualitas suara di perangkat Android foto: freepik/peshkovagalina

Tergantung pada model dan versi OS, perangkat Android dapat memiliki fitur EQ otomatis dan fitur penyesuaian volume. Fitur-fitur ini menggunakan mikrofon untuk menilai akustik di sekitar kamu dan tingkat kebisingan di lingkungan. Fitur ini akan menggunakan informasi ini untuk secara otomatis menyesuaikan pengaturan equalizer suara dan volume yang sesuai.

(brl/red)