8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula

8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula

Techno.id -

Kamu mungkin merasa mudah menggunakan PC Windows. Tapi tidak demikian bagi pemula atau mereka yang tidak paham teknologi. Nah jika kamu ingin membantu menyiapkan perangkat baru untuk pengguna pertama kali atau mereka yang kurang paham teknologi, penting untuk membuat perangkat menjadi ramah pengguna. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu para pemula.

1. Permudah proses login

8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula foto: freepik/lanalya

Saat menyiapkan perangkat Windows untuk pengguna yang tidak paham teknologi, langkah pertama adalah menyederhanakan proses login. Pilih kata sandi yang mudah diingat, atau siapkan PIN login, yang seringkali lebih mudah diingat dan dimasukkan.

Jika perangkat mendukung, kamu juga dapat mengaktifkan Windows Hello untuk pengenalan wajah atau login sidik jari untuk merampingkan proses lebih lanjut. Jika mereka adalah satu-satunya pengguna, kamu dapat melewati layar kata sandi sepenuhnya. Sehingga mereka bisa langsung membuka desktop saat startup, meskipun itu menimbulkan risiko keamanan.

2. Hapus program yang tidak perlu dari daftar Startup

8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula foto: tangkapan layar

Untuk membuat pengalaman pemula lebih lancar, pastikan kamu menghapus aplikasi yang tidak perlu dari daftar startup. Ini akan menghilangkan gangguan dan mempercepat waktu boot sistem.

Untuk menghapus aplikasi ini, klik kanan tombol Start (Mulai) dan buka Task Manager (Pengelola Tugas). Buka tab Startup Apps, klik kanan pada aplikasi dan proses yang tidak perlu, dan pilih "Nonaktifkan".

Beberapa aplikasi secara otomatis menambahkan diri mereka ke daftar startup saat diinstal. Jadi, tinjau daftar startup secara berkala dan hapus semua program yang tidak perlu.

3. Sematkan aplikasi yang sering digunakan ke bilah tugas

8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula foto: tangkapan layar

Browser web, email, pengolah kata, dan pemutar media adalah beberapa aplikasi yang kemungkinan akan sering digunakan. Meskipun mereka dapat mencari aplikasi yang diperlukan di Windows Search, kamu dapat menyematkan aplikasi ini ke bilah tugas untuk akses yang lebih mudah.

Untuk menyematkan aplikasi ke bilah tugas, klik kanan pada aplikasi dan pilih "Sematkan ke Taskbar" dari menu konteks. Kemudian hapus aplikasi apa pun yang sudah disematkan ke bilah tugas yang tidak akan digunakan. Untuk melakukannya, klik kanan pada item dan pilih "Unpin from Taskbar."

Berhati-hatilah untuk tidak mengacaukan bilah tugas, karena ini dapat membuat rumit untuk menemukan aplikasi yang relevan. Jika menyematkan semua aplikasi yang sering digunakan mengacaukan bilah tugas, pertimbangkan untuk membuat pintasan desktop untuk beberapa di antaranya. Dengan cara ini, mereka akan mudah mengakses aplikasi yang sering digunakan tanpa membebani bilah tugas.

4. Siapkan pencadangan data otomatis

8 Tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan laptop Windows bagi pemula foto: freepik/rawpixel.com

Sangat penting untuk mencadangkan data orang non-teknisi untuk melindungi dari penghapusan dan kerusakan file penting yang tidak disengaja. Meskipun mereka dapat menggunakan drive eksternal, metode ini bisa memakan waktu. Oleh karena itu, disarankan menggunakan layanan penyimpanan cloud, yang secara otomatis akan mencadangkan data mereka tanpa memerlukan tindakan apa pun.

Salah satu opsinya adalah OneDrive, meskipun hanya mencadangkan folder tertentu. Untuk pencadangan yang lebih menyeluruh, pertimbangkan layanan pencadangan premium seperti Backblaze yang dapat mencadangkan seluruh komputer mereka.

(brl/red)