8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone

8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone

Techno.id - Buat kamu yang suka melakukan wawancara, bisa dipastikan akan menggunakan smartphone seperti iPhone untuk merekamnya. Umumnya para pengguna iPhone akan memanfaatkan aplikasi Voice Memos.

Namun ada kalanya hasil rekaman audio dirasa kurang berkualitas tinggi. Untungnya ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan kualitas rekaman secara gratis. Begini caranya.

1. Beralih ke format Audio Lossless

8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone foto: tangkapan layar

Kamu dapat merekam audio resolusi tinggi langsung dari aplikasi perekaman. File-file ini menggunakan bit rate yang lebih tinggi daripada file lossy terkompresi, yang membuang data untuk membuat file lebih mudah dikelola dan menurunkan kualitas audio.

Untuk beralih ke perekaman lossless, cukup buka pengaturan iPhone, dan gulir ke bawah ke Memo Suara. Pilih Kualitas Audio dan alihkan dari terkompresi ke lossless. Kualitas audio akan lebih baik dengan mengklik tombol. Namun, file resolusi tinggi membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan daripada file terkompresi.

2. Posisikan iPhone dengan benar

8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone foto: freepik/andreypopov

Posisi iPhone sangat memengaruhi suara rekaman. Pertama, arahkan mikrofon ke sumber suara karena ini akan mengambil frekuensi dengan lebih jelas. Kamu juga perlu meletakkan iPhone agak jauh dari sumber suara sehingga tidak menangkap suara yang tidak diinginkan seperti bernapas. Tetapi juga jangan terlalu jauh, karena ini dapat menyebabkan rekaman tidak cukup keras.

Ketika merekam musik atau vokal, menempatkan iPhone sekitar 15-30 cm dari sumbernya menciptakan suara yang paling seimbang tanpa menangkap frekuensi low-end. Namun, posisi juga tergantung pada akustik ruangan. Jika kamu berada di ruangan dengan sedikit bahan peredam suara, mungkin ingin mencoba menempatkan ponsel lebih jauh dari sumber suara.

3. Membersihkan port mikrofon iPhone

8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone foto: freepik/bublikhaus

Mikrofon yang kotor dapat menyebabkan rekaman terdengar teredam. Untuk menghilangkan kotoran yang menghalangi mikrofon, ambil alkohol isopropil dan gunakan untuk membasahi alat pembersih yang lembut, seperti kapas atau sikat gigi atau kuas berbulu lembut. Harap diingat untuk tidak menggunakan sesuatu yang terlalu abrasif, lalu sikat sampai semua kotoran hilang.

Jika ada kotoran yang membandel, disarankan untuk mendapatkan tusuk gigi. Namun, tutupi ujung tusuk gigi dengan kapas, karena ini dapat mencegah kamu merusak mikrofon. Selalu pastikan untuk menjalankan beberapa tes setelah selesai untuk memastikan pembersihan berhasil.

4. Menjeda pemberitahuan

8 Trik mendapatkan rekaman audio berkualitas lebih tinggi di iPhone foto: freepik/rawpixel.com

Mungkin kamu adalah tipe orang yang teleponnya berdering 24/7. Terlepas dari status sosial, saat merekam, matikan notifikasi karena notifikasi ini dapat muncul di latar belakang. Ini mungkin tidak masalah untuk tujuan tertentu, tetapi jika kamu merekam lagu atau podcast, itu bisa mengganggu.

Kamu dapat memilih untuk membisukan telepon, tetapi masih bisa bergetar dan mengacaukan rekaman. Solusi termudah adalah mengaktifkan mode pesawat dan mematikannya setelah selesai, karena ini memastikan tidak ada pemberitahuan yang masuk. Namun, jika perlu menggunakan internet saat merekam, kamu dapat mengatur ponsel ke fitur Jangan Ganggu menggunakan Fokus.

(brl/red)