9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari

Techno.id - Melihat baterai ponsel cerdas terkuras dalam waktu kurang dari 24 jam selalu menjadi tantangan. Namun masalah tersebut bisa berkurang ketika kamu mematikan beberapa pengaturan yang kurang berguna.

Dengan begitu, ponsel kamu bisa menjadi perangkat yang dapat diandalkan dari pagi hingga malam dan seterusnya. Jika perangkat kamu kesulitan bertahan lebih lama, berikut beberapa pengaturan yang harus kamu sesuaikan. Dalam hal ini Techno.id menggunakan smartphone Samsung Galaxy. Namun pada dasarnya, cara yang sama juga berlaku pada smartphone Android lainnya.

1. Alihkan aplikasi ke mode tidur

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari foto: tangkapan layar

Salah satu cara menghemat baterai adalah dengan mengalihkan aplikasi yang tidak digunakan ke mode tidur. Cara ini akan menghentikan aktivitas latar belakangnya, sehingga mengurangi konsumsi baterai.

Untuk membuat aplikasi tertidur nyenyak di ponsel Samsung Galaxy, buka aplikasi Pengaturan dan arahkan ke Baterai > Batas Penggunaan Latar Belakang. Selanjutnya, ketuk Aplikasi Tidur Dalam untuk membuka daftar. Kemudian, ketuk ikon + di pojok kanan atas, pilih aplikasi yang ingin kamu tambahkan dengan memeriksa lingkaran di sampingnya, dan ketuk Tambahkan di pojok kanan bawah.

2. Nonaktifkan fitur Always On Display

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari foto: freepik/asifkhan07

Fitur tampilan selalu aktif (Always On Display) membuat sebagian layar tetap aktif untuk menampilkan waktu, notifikasi, dan informasi lainnya bahkan saat ponsel tidak digunakan. Meskipun nyaman, fitur ini terus menggunakan daya. Mematikan fitur ini dapat mengurangi konsumsi baterai, membantu ponsel bertahan lebih lama. Untuk mematikan fitur ini di ponsel Galaxy, buka aplikasi Pengaturan, arahkan ke Layar Kunci dan AOD, dan matikan sakelar di sebelah Always On Display.

3. Sesuaikan batas waktu layar

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari foto: tangkapan layar

Batas waktu layar mengacu pada durasi layar ponsel tetap menyala saat kamu berhenti menggunakannya secara aktif. Setelah waktu ini, secara otomatis mati. Dengan mengurangi durasi batas waktu, layar ponsel akan mati lebih cepat, sehingga menghemat daya baterai. Untuk menyesuaikan pengaturan ini pada ponsel Galaxy, buka Pengaturan dan arahkan ke Batas Waktu Layar > Tampilan. Pilih durasi batas waktu yang lebih pendek, seperti 30 detik, untuk memastikan layar ponsel tidak tetap aktif lebih lama dari yang diperlukan saat dibiarkan diam.

4. Sesuaikan kecepatan refresh

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari foto: tangkapan layar

Kecepatan refresh mengacu pada seberapa sering layar diperbarui per detik. Kecepatan refresh yang lebih tinggi memberikan visual yang lebih halus tetapi menghabiskan lebih banyak daya baterai.

Menurunkan frekuensi ini dapat membantu menghemat baterai. Untuk menyesuaikan kecepatan refresh pada ponsel Galaxy, buka Pengaturan dan arahkan ke Tampilan > Kehalusan Gerakan. Kemudian, pilih Standar jika diatur ke Tinggi, dan ketuk Terapkan. Ini akan mengurangi kecepatan refresh dari 120 Hz menjadi 60 Hz, secara signifikan mengurangi konsumsi baterai. Namun, itu akan mempengaruhi tampilan visual.

5. Gunakan mode hemat daya

9 Cara membuat baterai ponsel cerdas Android bertahan lebih dari satu hari foto: tangkapan layar

Mengaktifkan mode hemat daya mengurangi kecerahan layar, membatasi aktivitas latar belakang, meminimalkan efek visual, mematikan getaran dan umpan balik haptic, serta mematikan layar selalu aktif, di antara fitur lainnya. Dengan mematikan fungsi ini, ponsel kamu menghabiskan lebih sedikit sumber daya baterai, memperpanjang masa pakai baterai.

Kamu dapat mengaktifkan fitur ini saat menggunakan ponsel dengan santai atau saat tidak digunakan untuk menghemat daya baterai. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi Pengaturan, buka Baterai, dan aktifkan Hemat Daya. Kamu juga dapat mengetuk Hemat Daya untuk menyesuaikan pengaturannya, menyesuaikan fitur mana yang harus dibatasi atau dinonaktifkan agar sesuai dengan kebutuhan.

(brl/red)