9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya

Techno.id - Baterai ponsel yang cepat habis saat digunakan sangat membuat frustrasi, terutama ketika kamu berada di luar rumah dan membutuhkan ponsel cerdas tersebut. Ada beberapa penyebab yang membuat baterai kamu cepat terkuras.

Karena itu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperpanjang daya tahan baterai ponsel. Berikut sejumlah penyebab paling umum dari baterai ponsel yang cepat terkuras dan cara mengatasinya.

1. Kecerahan layar tinggi

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/user16172657

Salah satu penyebab baterai ponsel yang cepat terkuras adalah kecerahan layar. Mungkin tampak nyaman untuk memiliki kecerahan maksimal, terutama saat kamu berada di luar ruangan yang terik. Tetapi opsi ini memiliki dampak negatif yang besar pada baterai.

Kamu dapat menyesuaikan pengaturan kecerahan ponsel untuk menyesuaikan dengan perbedaan cahaya eksternal. Ini akan memungkinkannya menjadi gelap di lingkungan dengan cahaya redup dan cerah di lingkungan yang terpapar banyak cahaya.

Untuk melakukan ini, kamu harus terlebih dahulu menuju ke pengaturan ponsel dan kemudian ke bagian Display atau Display & Brightness, tergantung apakah kamu menggunakan ponsel Android atau iOS.

Kamu dapat mengatur kecerahan ponsel untuk menghemat banyak masa pakai baterai dalam jangka panjang. Di iPhone, kamu bisa mengakses hub kontrol cepat dengan menggesek ke bawah di bagian kanan atas layar perangkat. Tindakan ini akan memungkinkan kamu menyesuaikan kecerahan layar ponsel dengan cepat dan mudah melalui Penggeser Kecerahan.

Tetapi layar yang lebih redup tidak selalu nyaman, terutama jika kamu memiliki gangguan penglihatan. Jadi, apa lagi yang bisa kamu lakukan selain menurunkan kecerahan layar? Salah satu alternatifnya adalah mengalihkan tampilan aplikasi yang sering digunakan ke mode gelap, serta tampilan umum ponsel. Itu tidak menggelapkan layar ponsel secara drastis tetapi mengalihkan menu putih standar ponsel dan latar belakang aplikasi menjadi hitam. Kamu akan terkejut berapa banyak baterai yang dapat dihemat tanpa mengorbankan kecerahan. Kamu dapat mengganti mode tampilan umum ponsel dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas.

2. Aplikasi latar belakang

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/finsternis34

Aplikasi latar belakang pada dasarnya berfungsi saat kamu tidak menggunakannya secara langsung. Contohnya termasuk aplikasi VPN, antivirus, kesehatan, dan kalender. Aplikasi ini memantau atau mengontrol aspek-aspek tertentu dari ponsel tanpa campur tangan kamu. Meskipun nyaman fitur ini menguras baterai secara signifikan.

Terlebih lagi, kamu mungkin tidak memerlukan sejumlah besar aplikasi ini untuk bekerja di latar belakang. Jadi, bagaimana kamu bisa menonaktifkan aplikasi latar belakang?

iOS: Buka Pengaturan > Baterai. Sekarang, alihkan Mode Daya Rendah.

Android: Buka Pengaturan > Perawatan Perangkat, dan alihkan mode Pengoptimalan Baterai. Kamu mungkin juga melihat ini diberi label sebagai Baterai Adaptif, dan mungkin juga disembunyikan di opsi Mode Hemat Daya.

3. Mode Gambar-dalam-Gambar

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya foto: tangkapan layar

Jika menggunakan YouTube Premium atau aplikasi serupa, kamu mungkin pernah menggunakan mode gambar-dalam-gambar sebelumnya. Mode ini melibatkan menonton video atau streaming apa pun di kotak tampilan kecil di layar saat menggunakan aplikasi lain. Meskipun ini nyaman, menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan dapat menguras baterai ponsel.

Untuk menonaktifkan mode picture-in-picture pada aplikasi yang dipilih, buka pengaturan ponsel dan buka bagian Aplikasi di Android atau Picture in Picture di iPhone di bagian Umum.

Kemudian, klik aplikasi pilihan kamu dari daftar yang disediakan. Kamu dapat melihat izin aplikasi dan pengaturan umum. Kamu dapat memilih opsi Picture in Picture jika berlaku untuk aplikasi dan mengaktifkan atau menonaktifkannya menggunakan sakelar.

4. Tetap terhubung 24/7

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/tete_escape

Menjaga Wi-Fi atau data tetap aktif setiap jam mungkin tampak seperti tidak perlu dipikirkan lagi. Tetapi ini dapat menguras baterai ponsel secara signifikan, karena kamu terus-menerus mendapatkan pemberitahuan dan pembaruan latar belakang saat tidak membutuhkannya.

Selama jam tidur, ini adalah saat yang tepat untuk mematikan Wi-Fi. Kamu dapat mengalihkan ponsel ke mode pesawat, tetapi jika khawatir melewatkan panggilan mendesak, kamu dapat mematikan Wi-Fi dan data di daftar dropdown ponsel untuk tetap menerima panggilan telepon seluler.

iOS: Kamu dapat melakukannya melalui menu cepat di iOS dengan menggesek ke bawah dari sudut kanan atas. Selain itu, ini dapat diakses melalui aplikasi Pengaturan dengan memilih bagian Wi-Fi dan menonaktifkan pilihan tersebut.

Android: Demikian pula, gunakan menu Pengaturan Cepat Android untuk mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Perlu diingat bahwa mengalihkan ponsel ke mode Jangan Ganggu tidak akan mematikan Wi-Fi atau data.

5. Baterai sudah tua

9 Penyebab baterai ponsel kamu cepat terkuras habis, begini cara mengatasinya foto: freepik/aleksrybalko

Terkadang, masalah pengurasan daya bukan disebabkan aplikasi atau pengaturan tetapi baterai itu sendiri yang memengaruhi masa pakainya. Untuk alasan ini, penting untuk menjaga kesehatan baterai ponsel. Setelah sekitar dua atau tiga tahun (tergantung pada model ponsel), baterai tidak akan lagi dapat mencapai kapasitas maksimum aslinya, yang dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Ponsel akan memberi tahu ketika mendeteksi penurunan kualitas baterai, tetapi terkadang tidak. Tanda paling umum dari baterai yang menurun tanpa pemberitahuan apa pun adalah masa pakai baterai yang lebih pendek secara umum. Jadi, apa yang bisa dilakukan tentang ini?

Pilihan pertama dan paling jelas adalah penggantian baterai. Ini biasanya jauh lebih murah daripada penggantian smartphone total dan dapat memperbaiki masalah baterai yang cepat terkuras dengan cepat dan mudah. Harga baterai akan bervariasi tergantung pada ponsel tertentu yang kamu miliki.

Pilihan lainnya adalah mengganti ponsel seluruhnya, terutama jika sudah bertahun-tahun. Perbaikan ponsel bisa sangat mahal saat ini, jadi jika kamu berurusan dengan beberapa suku cadang yang rusak dan ponsel mulai beroperasi selama bertahun-tahun, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

(brl/red)