9 Tanda sudah waktunya kamu mengganti layanan ISP, internet mulai berjalan lambat
Techno.id - Layanan internet kamu mulai lambat? Mungkin sudah waktunya untuk mengganti penyedia layanan (Internet Service Provider/ISP). Berikut adalah beberapa tanda untuk membantu kamu memutuskan apakah sudah waktunya untuk beralih layanan ISP.
1. Internet lebih lambat
foto: freepik/rawpixel.com
Jika kamu sering mengalami internet yang sangat lambat sehingga menghambat alur kerja dan produktivitas harian, ini adalah indikasi kuat bahwa ISP kamu tidak memenuhi kebutuhan. Meskipun perlambatan sesekali sering terjadi di seluruh penyedia, buffering yang konsisten, kelambatan selama panggilan video, atau waktu muat yang berkepanjangan menandakan perlunya perubahan.
Demikian juga, jika kamu mendapatkan kecepatan internet yang jauh lebih lambat daripada yang dibayar, itu adalah tanda yang jelas bahwa layanan ISP tidak lagi dapat diandalkan. Kamu dapat mendokumentasikan kecepatan dengan melakukan beberapa tes kecepatan dan menyertakan hasilnya dengan keluhan.
2. Sering putus nyambung
foto: freepik/deksaplan
Jika umumnya mendapatkan kecepatan internet yang layak tetapi sering mengalami putus nyambung tak terduga tanpa pemberitahuan atau penjelasan dari penyedia layanan, itu adalah alasan kuat untuk mempertimbangkan beralih layanan. Pemeliharaan atau waktu henti sesekali adalah normal, tetapi putus nyambung yang sering terjadi atau berkepanjangan mgnindikasikan penyedia layanan bermasalah.
Saat menjelajahi penyedia baru, tanyakan kepada pengguna lain saat ini seberapa sering gangguan layanan terjadi untuk pemeliharaan dan apakah penyedia memberikan pemberitahuan sebelumnya.
3. Tidak ada dukungan pelanggan
foto: freepik/rawpixel.com
Penyedia layanan internet yang andal memprioritaskan layanan pelanggan dan menawarkan bantuan cepat untuk menyelesaikan masalah dan menjawab pertanyaan. Jika kamu berulang kali menunggu atau berurusan dengan costumer service yang tidak membantu, kemungkinan besar kamu tidak dihargai sebagai pelanggan.
Untuk menghindari pemborosan lebih banyak waktu, beralihlah ke penyedia yang benar-benar menghargai pelanggannya. Tanyakan kepada teman atau tetangga tentang pengalaman dengan ISP mereka untuk menemukan opsi yang lebih baik.
4. Harga lebih tinggi dari pesaing
foto: freepik/vetkit
Jika penyedia layanan internet kamu memberikan kecepatan yang layak, layanan yang andal, dan dukungan pelanggan yang solid tetapi mengenakan biaya jauh lebih tinggi daripada penyedia lain untuk paket serupa, mungkin ada baiknya mempertimbangkan beralih ke penyedia lain. Jika kecepatannya sedikit lebih baik tetapi biaya premium tampaknya tidak dibenarkan, beralih ke ISP yang lebih baik di wilayah kamu bisa menjadi pilihan yang bijaksana.
Tinjau paket yang ditawarkan ISP lain dan tanyakan kepada pengguna saat ini tentang pengalaman mereka. Jika kamu bisa mendapatkan layanan yang sebanding dengan harga lebih murah, beralih penyedia dapat menghemat uang untuk tagihan bulanan.
5. Menggunakan teknologi yang ketinggalan zaman
foto: freepik/alexkich
Jika penyedia layanan internet kamu tidak berinvestasi dalam meningkatkan infrastrukturnya dan masih mengandalkan DSL yang sudah ketinggalan zaman atau kabel bandwidth rendah, kamu tidak akan mendapatkan koneksi yang andal secara konsisten. Bahkan jika ISP kamu memenuhi kebutuhan saat ini, kamu mungkin perlu segera beralih ke penyedia dengan bandwidth yang lebih tinggi untuk streaming HD, game, atau konektivitas rumah pintar yang lancar.
Jadi, pertimbangkan untuk mencari penyedia yang telah mengadopsi teknologi serat optik dan terus meningkatkan layanan, memastikan kamu memiliki koneksi yang efisien dan siap untuk masa depan.
Tanda kamu harus mengganti ISP
6. ISP membatasi koneksi
foto: freepik/tiko33
Jika kecepatan internet turun secara nyata saat streaming, bermain game, atau mengunduh file besar, ISP mungkin membatasi koneksi. Pelambatan adalah ketika ISP dengan sengaja memperlambat kecepatan untuk aktivitas tertentu. Tanda yang jelas adalah kamu mendapatkan kinerja yang tidak konsisten untuk tugas yang membutuhkan bandwidth tinggi.
Untuk lebih memvalidasi kekhawatiran, kamu dapat melakukan tes kecepatan untuk memeriksa kecepatan ping, unduhan, dan unggah. Kemudian, aktifkan VPN dan jalankan kembali pengujian untuk melihat apakah kinerjanya meningkat. Meskipun VPN dapat membantu menghindari pelambatan, solusi terbaik adalah beralih ke ISP yang memberikan kecepatan yang konsisten, tidak memiliki batas data, dan mempertahankan kebijakan yang transparan.
7. Adanya biaya tersembunyi dan biaya tak terduga
foto: freepik/frolopiaton palm
Jika ISP kamu secara teratur menambahkan biaya tersembunyi atau biaya tak terduga ke tagihan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perubahan. Biaya sesekali untuk peningkatan infrastruktur atau pemeliharaan yang signifikan dapat masuk akal jika dikomunikasikan dengan jelas, tetapi sering terjadi kejutan dengan biaya tersembunyi dapat membuat tagihan jauh lebih mahal.
Untuk menghindari pengeluaran tambahan yang berkelanjutan ini dan tetap sesuai anggaran, carilah penyedia dengan harga transparan dan paket langsungyang tidak mengejutkan setiap bulan.
8. Perlindungan keamanan dan privasi yang lemah
foto: freepik/rawpixel.com
Penyedia layanan internet yang andal memprioritaskan privasi dan keamanan pengguna. Jika ISP kamu tidak berinvestasi dalam melindungi pengguna dari ancaman dunia maya, itu artinya kamu tidak dapat mengandalkan mereka. Sudah waktunya untuk beralih layanan.
Demikian juga, jika ISP kamu terkenal menjual data pengguna ke pihak ketiga atau memiliki kebijakan privasi yang tidak jelas, pertimbangkan untuk beralih ke penyedia dengan komitmen yang kuat terhadap keamanan dan kebijakan privasi yang transparan dan tetap menggunakan internet dengan tenang.
9. Reputasi yang menurun
foto: freepik/rawpixel.com
Reputasi ISP juga bisa menjadi faktor penting dalam memutuskan apakah akan beralih. Jika kamu sering mendengar keluhan tentang kualitas layanan mereka, pelanggaran privasi, dan masalah lain yang disebutkan sebelumnya dari pengguna lain, ada baiknya menjelajahi opsi alternatif. Cari umpan balik di forum pihak ketiga untuk melihat apakah mereka menerima peringkat rendah atau ulasan negatif.
Reputasi yang menurun menunjukkan bahwa ISP kamu tidak memiliki sumber daya atau motivasi untuk mengatasi masalah pelanggan. Jadi, beralihlah ke penyedia dengan rekam jejak yang solid dan komitmen terhadap kepuasan pelanggan.
Sebelum beralih, teliti secara menyeluruh ISP baru yang kamu pertimbangkan. Jika tidak, kamu mungkin menghadapi masalah yang sama dan mungkin harus beralih lagi dan mengeluarkan lebih banyak biaya.
RECOMMENDED ARTICLE
- Cara menggunakan dan membaca web browser versi desktop di perangkat seluler
- 6 Tips ini dapat membantu memperbaiki Wi-Fi yang lambat di PC Windows
- Cara memperbaiki Ethernet yang lambat di PC Windows
- 6 Alasan koneksi Ethernet di komputer jauh lebih baik dan aman dibanding menggunakan Wi-Fi
- Atasi kecanduan gadget pada anak, Algorithmics kenalkan pembelajaran pemrograman