9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone

Techno.id - Bukan rahasia lagi jika kamera iPhone sangat mumpuni untuk merekam video dengan kualitas yang baik. Kamu bisa mengandalkan smartphone Apple ini untuk membuat reels Instagram, mendokumentasikan perjalanan dengan gambar berkualitas lebih tinggi. Kamu bisa memaksimalkan berbagai fitur kamera iPhone untuk menghasilkan video terbaik. Begini caranya.

1. Siapkan pengaturan kamera dengan benar

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone foto: freepik

Langkah paling penting dalam mendapatkan pengambilan video yang baik dari iPhone adalah memastikan pengaturan kamera dikonfigurasi dengan benar. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mengetahui bahwa kamu merekam pada resolusi atau frame rate yang salah.

Buka Pengaturan > Kamera dan ketuk Rekam Video untuk beralih antara resolusi 720p, 1080p, dan 4K. Meskipun 4K akan memakan ruang paling banyak (sekitar 190MB per menit pada 30 fps dalam HDR), ini akan memberi kamu kualitas terbaik.

Frame rate adalah opsi lain yang perlu dipertimbangkan. Tergantung pada iPhone, kamu dapat memilih antara 24, 30, dan 60 fps dalam mode 4K. Format 24 fps adalah frame rate yang digunakan pembuat film untuk mendapatkan tampilan sinematik. Sedangkan 60 fps adalah mode frame rate tinggi yang akan memakan lebih banyak ruang (sekitar 440MB per menit pada 4K HDR).

Opsi yang aman adalah memilih 4K pada 30 frame per detik, yang memberi kamu resolusi solid tanpa mengorbankan terlalu banyak ruang penyimpanan. Jika tertarik untuk memperlambat rekaman, 60 fps adalah pilihan yang lebih baik karena kamu dapat mengurangi separuh kecepatan video dan masih akan diputar ulang dengan lancar pada 30 fps.

HDR adalah pengaturan lain yang mungkin ingin kamu pertimbangkan. iPhone 12 dan versi lebih baru dapat merekam video rentang dinamis tinggi dalam Dolby Vision. Opsi ini menangkap rentang warna yang lebih luas, detail bayangan yang lebih baik, dan kecerahan puncak yang lebih tinggi. Mengaktifkan ini akan membuat rekaman kamu menonjol pada tampilan yang kompatibel dengan HDR.

Gunakan tombol Video HDR untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur. Setelah melihat video kamu dalam HDR, sulit untuk kembali ke rekaman SDR. iPhone juga bisa merekam dengan cara 4K. Jika kamu mulai merekam video lama dalam 4K, hasilnya juga sangat luar biasa.

2. Gunakan pencahayaan yang lebih baik

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone foto: freepik

Masalah dengan kamera smartphone belum tentu optik, tetapi lebih pada ukuran sensor. iPhone kamu mungkin memiliki dua atau tiga lensa, tetapi sensor di bawah lensa tersebut sangat kecil. Inilah sebabnya mengapa iPhone kamu harus bekerja keras dalam cahaya rendah.

Semakin besar luas permukaan sensor, semakin banyak cahaya yang bisa masuk ke bidikan. Pencahayaan yang buruk menghasilkan rekaman kasar. Karena itu pertimbangkan pencahayaan saat merekam video.

Kamu bisa berdiri di samping jendela dan menggunakan cahaya yang tersedia untuk lebih menerangi wajah atau subjek video. Atau kamu bisa menggunakan penerangan tambahan melalui lampu untuk menerangi kondisi gelap.

3. Kunci fokus dan eksposur saat merekam video

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone foto: freepik/progressman

Ada satu hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas produksi video iPhone, mengunci fokus dan eksposur. Sewaktu menyiapkan bidikan, ketuk dan tahan pada titik fokus sampai kamu melihat AE/AF Lock muncul pada layar. Ini berarti titik fokus tidak akan bergerak, dan iPhone tidak akan menyesuaikan eksposurnya saat kamu mulai merekam.

Terkadang titik fokus tidak selalu cocok dengan eksposur yang diinginkan. Jadi ketuk dan seret jari kamu ke atas dan ke bawah jendela bidik untuk menyesuaikan seberapa banyak cahaya yang memasuki adegan. Setelah itu tekan rekam. Kamu selalu dapat menyesuaikan pencahayaan dengan menyeret jari secara mulus ke atas dan ke bawah pada viewfinder saat kamu membidik.

4. Manfaatkan panjang fokus kamera

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone foto: freepik/master1305

iPhone kamu mungkin memiliki setidaknya dua lensa di bagian belakang, tiga jika kamu memiliki iPhone Pro. Lensa 1x standar di iPhone dikenal sebagai lensa lebar, dan umumnya memiliki sensor kualitas terbaik. Ini adalah lensa default.

Jika kamu menggunakan iPhone 14 Pro, perangkat ini memiliki sensor lebar 48MP dengan aperture besar f/1.78. Tetapi lensa ultrawide (0.5x) dan telefoto (3x) hanya 12MP dengan aperture f/2.2 dan f/2.8 masing-masing. Sensor ultrawide bisa sangat bermanfaat di lingkungan sempit dan telefoto sangat nyaman untuk membuat objek menjadi lebih dekat, namun hal ini mengorbankan kualitas gambar.

5. Aktifkan stabilisasi gambar atau gunakan gimbal

9 Tips dan trik untuk merekam video dengan kualitas baik menggunakan iPhone foto: freepik/musefoto

Bahkan model iPhone yang lebih lama memiliki beberapa bentuk stabilisasi gambar, yang harus diaktifkan secara otomatis saat merekam. Kamu dapat mengaktifkan Peningkatan Stabilisasi di iPhone 14 dan versi lebih baru untuk meningkatkan stabilisasi gambar.

IPhone 14 dan yang lebih baru juga dilengkapi Mode Tindakan, yang dapat kamu aktifkan dengan mengetuk ikon Orang yang berlari di bagian atas layar saat dalam mode video pada model yang kompatibel. Jika tidak, gunakan tripod atau gimbal genggam untuk menstabilkan rekaman.

(brl/red)