Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama

Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama

Techno.id - Mengingat MacBook adalah perangkat elektronik yang relatif mahal, maka merawatnya secara apik menjadi keniscayaan dari goresan atau lecet akibat jatuh. Apalagi jika MacBook tersebut menjadi perangkat utama untuk bekerja, keandalan dan tampilan merupakan sebuah keharusan. Berikut beberapa langkah sederhana untuk menjaga MacBook agar tetap dalam kondisi baik, dari sisi kinerja maupun tampilan.

1. Selalu gunakan tas pelindung

Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik/photosaint

Saat membawa MacBook, sangat disarankan dimasukkan ke dalam casing (tas) pelindung. Gunakan tas pelindung yang pas dengan bahan kain berpori untuk mencegah panas serta dilapisi busa lembut untuk meredam benturan.

Jika selama ini kamu membawa MacBook dengan dimasukkan langsung ke dalam ransel, ada baiknya tetap dilindungi casing lembut tersebut. Meskipun ransel memiliki ruang khusus untuk laptop, namun itu belum tentu menjamin perangkat kamu aman dari jatuh dan benturan. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan perlindungan ekstra dengan casing.

2. Bersihkan MacBook secara teratur menggunakan kain microfiber

Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik

Salah satu yang sering bikin kesal adalah ketika ada jejak sentuhan jari di layer MacBook. Jari tangan biasanya mengandung minyak. Karena itu usahakan kamu selalu menjaga kebersihan layar MacBook. Cara terbaik membersihkan MacBook yang kotor, seperti yang direkomendasikan Apple, adalah dengan menggunakan kain microfiber yang bersih dan tidak berserat. Setelah mematikan layar MacBook, gunakan kain lembab untuk menyeka layar dan sasis.

Setelah itu, bersihkan dengan kain microfiber yuang bersih. Upayakan kamu memiliki kain microfiber lebih dari satu mengingat kain ini cepat kotor. Menggunakan kain microfiber yang kotor dapat secara tidak sengaja menggores layar MacBook.

Untuk noda membandel, gunakan kain dengan larutan isopropil alkohol 70. Hindari menggunakan produk pembersih tertentu seperti penghapus cat kuku, kertas tisu, sabun, dan pemutih. Pembersihan yang berlebihan juga dapat merusak lapisan anti-reflektif dan oleofobik layar, jadi berhati-hatilah.

3. Bersihkan keyboard secara teratur

Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik

Selain membersihkan layar, keyboard juga harus mendapatkan perlakuan serupa. Sama seperti membersihkan layar, gunakan kain microfiber untuk menyeka keyboard. Salah satu masalah terbesar dengan MacBook modern adalah perangkat menyala hanya dengan satu penekanan tombol.

Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan alat seperti KeyboardCleanTool untuk menonaktifkan semua input keyboard, sehingga mudah untuk membersihkan keyboard tanpa menyalakan MacBook secara tidak sengaja.

Direkomendasikan menggunakan sikat gigi berbulu lembut (sikat gigi bayi) untuk menghilangkan remah-remah kecil bekas makanan, kotoran, atau partikel dari keyboard. Jika melihat kotoran tersangkut di bawah tombol, kamu mungkin perlu menggunakan udara terkompresi untuk meniupnya dengan lembut.

4. Selalu gunakan MacBook di meja

Begini 4 Cara merawat MacBook agar bisa bertahan lebih lama foto: freepik

Jika kamu tergolong orang yang memiliki kebiasaan buruk sering menjatuhkan barang, sebaiknya gunakan MacBook di meja. Hindari berjalan-jalan sambil membawa MacBook untuk meminimalkan risiko jatuh.

Meskipun MacBook umumnya merupakan mesin yang tahan lama, namun perangkat ini juga rentan terhadap kerusakan. Karena itu kamu harus merawatnya dengan benar agar dapat bertahan selama bertahun-tahun.

(brl/red)