Begini cara memainkan game PC retro di iPhone, auto bernostalgia dengan masa kecil  

Begini cara memainkan game PC retro di iPhone, auto bernostalgia dengan masa kecil  

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang di masa lalu sering memainkan game PC. Kini jika kamu kangen untuk memainkannya di perangkat selular seperti iPhone, caranya juga tidak terlalu sulit. Nah buat kamu yang ingin memainkan game PC retro dari masa kecil di iPhone, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan emulator PC. Namun sebelum mulai menjalankan semua game retro favorit di iPhone, kamu memerlukan beberapa persiapan seperti di bawah ini.

1. Unduh dan instal UTM SE di iPhone dari App Store.

2. Untuk menjalankan game di mesin virtual, kamu memerlukan sistem operasi. Disarankan untuk menggunakan FreeDOS. Cukup kunjungi halaman unduhan FreeDOS dan klik LiveCD untuk mengunduhnya.

3. Pastikan menyimpan salinan file ISO game di iPhone menggunakan aplikasi File, karena kamu akan membutuhkannya nanti.

4. Meskipun opsional, sangat disarankan untuk menghubungkan keyboard eksternal ke iPhone. Kamu dapat menggunakan keyboard di layar sebagai gantinya, tetapi ingat itu akan menutupi setengah layar saat kamu bermain game.

Menyiapkan FreeDOS di iPhone

Begini cara memainkan game PC retro di iPhone, auto bernostalgia dengan masa kecil UTM SE (foto: apps.apple.com)

Setelah menyiapkan semuanya, kamu dapat mulai membuat mesin virtual FreeDOS. Berikut cara melakukannya.

1. Buka UTM SE di iPhone, ketuk ikon plus (+) di pojok kiri atas.

2. Ketuk Mesin Baru, lalu pilih Telusuri di bawah Gambar ISO Boot. Arahkan ke folder tempat kamu mengunduh FreeDOS dan pilih file FD13LIVE.iso.

3. Selanjutnya, kamu harus mengalokasikan sumber daya perangkat keras ke komputer virtual. Atur penggeser memori ke 512MB, dan gunakan ikon plus (+) di bawah CPU untuk menetapkan satu inti. Jika mengalami masalah kinerja nanti, kamu selalu dapat meningkatkan memori dan inti CPU.

4. Terakhir, cukup masukkan jumlah penyimpanan yang ingin kamu alokasikan ke VM. Dalam kebanyakan kasus, 1-2 GB sudah cukup.

Kamu sekarang akan melihat ringkasan komputer virtual. Cukup ketuk Simpan di pojok kanan atas untuk melanjutkan. Setelah membuat mesin virtual, UTM SE akan menampilkan semua detail tentang VM, termasuk opsi untuk mem-boot ke dalamnya. Tetapi sebelum melakukannya, kamu harus memasang game sebagai drive eksternal. Begini caranya.

1. Ketuk ikon pengaturan di pojok kanan bawah.

2. Tekan ikon plus (+) di pojok kiri atas dan ketuk Impor Drive.

3. Buka folder tempat kamu menyimpan game, ketuk file ISO untuk mengimpornya ke mesin virtual, lalu ketuk Simpan.

4. Setelah melakukannya, cukup ketuk ikon putar untuk boot ke FreeDOS. Sekarang, saatnya untuk menjalankan game.

(brl/red)