Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah

Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah

Techno.id - Saat baterai iPhone kamu turun hingga sekitar 20% terakhir, kemungkinan besar kamu mengandalkan fitur Mode Daya Rendah untuk menghematnya. Fitur ini adalah perbaikan cepat dan mudah di mana iOS akan membatasi atau menonaktifkan beberapa fitur untuk membantu baterai bertahan selama mungkin hingga kamu menemukan sumber listrik untuk pengisian ulang daya.

Apple memperkenalkan fitur ini sejak iOS 9 sebagai cara untuk agar pengguna tetap bisa menggunakan iPhone selama mungkin. Kamu mungkin bertanya-tanya apa yang dilakukan fitur Mode Daya Rendah, dan jika itu menghemat masa pakai baterai, mengapa tidak tetap menyala sepanjang waktu?

Pelajari dengan tepat apa yang dinonaktifkan Mode Daya Rendah, cara menghidupkan dan mematikannya, dan cara menyalakannya secara permanen jika kamu ingin melihat pengaruhnya terhadap baterai iPhone.

Fitur Mode Daya Rendah iPhone

Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Mode Daya Rendah adalah pengaturan iOS yang menonaktifkan beberapa fitur iPhone untuk menghemat daya baterai saat daya hampir habis. iPhone akan menanyakan pengguna apakah ingin mengaktifkan Mode Daya Rendah saat baterai turun hingga 20%, lalu kembali ke 10%.

Mode Daya Rendah mengurangi jumlah daya yang digunakan iPhone untuk membuat baterai bertahan lebih lama. Kamu dapat mengetahui kapan berada dalam Mode Daya Rendah karena ikon baterai akan berwarna kuning. iPhone secara otomatis mematikan Mode Daya Rendah saat daya baterai mencapai 80%.

Fitur yang dinonaktifkan Mode Daya Rendah

Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah foto: freepik

Mode Daya Rendah membuat perubahan untuk menghemat daya baterai dengan mematikan beberapa fitur.

1. Mematikan 5G (kecuali untuk streaming video)

2. Menyetel layar iPhone untuk mati setelah 30 detik tidak aktif

3. Mengurangi kecerahan layar

4. Menurunkan kecepatan refresh layar iPhone

5. Menghilangkan beberapa efek visual

6. Menjeda sinkronisasi Foto iCloud

7. Menangguhkan unduhan otomatis

8. Menjeda pengambilan email

9. Menghentikan penyegaran aplikasi latar belakang

Mode Daya Rendah juga menonaktifkan penayangan video dalam HDR, mematikan layar selalu aktif di model iPhone 14 Pro dan iPhone 15 Pro, menonaktifkan pemutaran otomatis video, dan mengurangi kinerja CPU dan GPU.

Cara mengaktifkan Mode Daya Rendah

Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat menyalakannya secara manual dengan membuka Pengaturan > Baterai dan mengaktifkan Mode Daya Rendah. Kamu juga dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah secara manual dengan Pusat Kontrol iPhone atau dengan Siri.

Cara mengaktifkan Mode Daya Rendah iPhone secara permanen

Begini cara memperpanjang masa pakai baterai iPhone dengan menggunakan fitur Mode Daya Rendah foto: freepik

Cara manual untuk tetap mengaktifkan Mode Daya Rendah sepanjang waktu adalah dengan memasukkan iPhone ke Mode Daya Rendah setiap kali setelah kamu mengisi dayanya. Tetapi ada cara otomatis yang lebih mudah untuk mengaturnya dan melupakannya.

Untuk menjaga iPhone dalam Mode Daya Rendah secara otomatis setiap saat, kamu harus sedikit licik dan membuat Otomatisasi Pribadi menggunakan aplikasi Pintasan (Shortcuts).

Ada banyak cara untuk mengatur Mode Daya Rendah secara otomatis menggunakan Pintasan, tetapi metode termudah adalah mengaktifkan Mode Daya Rendah setiap kali baterai kurang dari 100%. Dengan begitu, iPhone pada dasarnya selalu dalam Mode Daya Rendah, tetapi juga dapat membuat cadangan, menyelesaikan unduhan, dan menerima pembaruan saat dicolokkan dan diisi dayanya hingga 100%.

Gulir ke kanan di layar utama iPhone untuk membuka Perpustakaan Aplikasi, lalu gulir ke bawah dan ketuk Pintasan. Setelah aplikasi berjalan, pilih Otomatisasi di bagian bawah layar, lalu ketuk tombol biru Buat Otomatisasi Pribadi.

Pada layar Animasi Baru, gulir ke bawah dan pilih Level Baterai. Ketuk opsi bawah, Jatuh Di Bawah, lalu gerakkan penggeser ke kanan hingga 100%. Kemudian klik Berikutnya. Kamu telah menetapkan kondisi untuk memicu tindakan.

Sekarang buat tindakan untuk mengatur iPhone ke Mode Daya Rendah. Pada layar Tindakan, klik tombol Tambah Tindakan berwarna biru. Kamu kemudian dapat mengetikkan Rendah di kotak pencarian dan mengetuk Setel Mode Daya Rendah, atau ketuk Skrip dan temukan di bawah Perangkat.

Setelah memilih Setel Mode Daya Rendah, itu akan muncul di layar Tindakan sebagai Aktifkan Mode Daya Rendah. Klik Berikutnya. Pada layar Otomatisasi Baru berikut, alihkan Ask Before Running off untuk mengaktifkan Mode Daya Lebih Rendah secara otomatis. Jika mau, kamu dapat meminta pemberitahuan datang setiap kali otomatisasi berjalan.

Konfirmasikan Jangan Tanya, lalu ketuk Selesai untuk menyelesaikan. Kau sudah siap. Setiap kali baterai turun di bawah 100%, iPhone akan secara otomatis beralih ke Mode Daya Rendah.

(brl/red)