Begini cara mempersonalisasi ikon aplikasi iPhone dengan warna favorit, pilih mode terang atau gelap  

Begini cara mempersonalisasi ikon aplikasi iPhone dengan warna favorit, pilih mode terang atau gelap  

Techno.id - Menyesuaikan Layar Beranda iPhone, terutama ikon aplikasi, dulunya sangat merepotkan, membutuhkan solusi yang rumit. Namun, dengan iOS 18, kamu sekarang dapat dengan mudah mengubah warna ikon aplikasi langsung dari Layar Beranda. Begini caranya.

Cara mengubah warna ikon aplikasi iPhone

Sebelum memulai, pastikan untuk memperbarui iPhone ke iOS 18. Setelah selesai, tekan lama pada area kosong di Layar Beranda untuk masuk ke mode goyang. Sekarang, ketuk Edit di pojok kiri atas dan pilih Sesuaikan.

Cara ini akan membuka menu tempat kamu dapat mempersonalisasi ikon aplikasi. Kamu akan melihat empat opsi. Terang, Gelap, Otomatis, dan Warna. Berikut fungsi masing-masing opsi.

Terang: Opsi ini membuat ikon aplikasi tetap dalam Mode Cahaya, seperti sebelum kamu memperbarui ponsel ke iOS 18.

Gelap: Opsi baru ini mengalihkan ikon aplikasi ke Mode Gelap, memberikan sebagian besar latar belakang yang lebih gelap. Namun, perhatikan bahwa ini mungkin tidak berlaku untuk beberapa ikon aplikasi pihak ketiga.

Begini cara mempersonalisasi ikon aplikasi iPhone dengan warna favorit, pilih mode terang atau gelap foto: apple

Otomatis: Opsi ini secara otomatis beralih antara ikon terang atau gelap berdasarkan tema iPhone kamu saat ini. Saat beralih antara Mode Gelap dan Mode Terang, ikon aplikasi akan mengikutinya.

Warna: Opsi ini memungkinkan untuk mewarnai ikon aplikasi ke warna apa pun pilihan kamu. Cukup pilih dan seret kedua penggeser ke warna dan intensitas apa pun yang kamu suka.

Namun ini bukan satu-satunya cara yang dapat kamu lakukan untuk menyesuaikan Layar Beranda. Kamu juga dapat memilih ikon aplikasi yang lebih besar dengan memilih opsi Besar di menu Kustomisasi, yang juga menyembunyikan label aplikasi untuk tampilan yang minimal dan bersih.

Selain itu, kamu dapat menggelapkan latar belakang untuk kontras yang lebih baik dengan mengetuk ikon matahari di sudut kiri atas menu Sesuaikan.

Jika tidak puas dengan hasilnya, kamu juga dapat mencoba menambahkan widget khusus dan ikon aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk fleksibilitas yang lebih besar. Plus, sekarang perangkat lunak iPhone sudah diperbarui, kamu juga dapat menjelajahi beberapa fitur iOS 18 baru terbaik.

(brl/red)