Begini cara mengetahui nomor kontak kamu telah diblokir melalui perangkat Android

Begini cara mengetahui nomor kontak kamu telah diblokir melalui perangkat Android

Techno.id - Jika pesan dan panggilan kamu tidak tersambung ke teman, keluarga, atau kolega, mungkin nomor kamu telah diblokir. Biasanya pemblokir tidak akan memberi tahu atau kamu tidak punya cara untuk bertanya.

Terkadang, pemblokiran juga terjadi secara tidak sengaja dan itulah mengapa ada baiknya mengetahui cara memblokir nomor di Android untuk membatalkan prosesnya. Tetapi bagaimana jika kamu yang diblokir? Berikut cara memeriksanya.

Ini yang terjadi jika nomor kamu diblokir

Begini cara mengetahui nomor kontak kamu telah diblokir melalui perangkat Android foto: freepik/kamranaydinov

Hal pertama yang perlu diketahui adalah apa yang sebenarnya terjadi ketika seseorang telah memblokir nomor kamu. Jika kamu mencoba menelepon mereka, mungkin akan menemukan bahwa kamu mendengar satu atau dua dering, dan kemudian diberitahu bahwa nomor mereka tidak tersedia.

Kejadian ini tidak selalu berarti kamu telah diblokir. Mereka mungkin hanya mengaktifkan mode Jangan Ganggu. Jika telepon mereka terus berdering, kamu tidak diblokir, mereka tidak mengangkat karena alasan lain.

Jika kamu mencoba mengirimi mereka pesan teks, sayangnya tidak ada petunjuk yang jelas. Pesan kamu akan tampak terkirim dengan baik, namun penerima tidak akan menerimanya.

Cara memeriksa apakah kamu telah diblokir

Begini cara mengetahui nomor kontak kamu telah diblokir melalui perangkat Android foto: freepik/rawpixel.com

Di perangkat Android, ada solusi alternatif untuk mengetahui apakah nomor kamu telah diblokir.

1. Buka aplikasi Kontak di ponsel.

2. Temukan kontak yang menurut kamu telah memblokir nomor kamu.

3. Cadangkan detail kontak mereka atau catat nomor telepon mereka dan informasi lainnya.

4. Ketuk tiga titik di sudut atas layar.

5. Ketuk Hapus.

6. Tutup aplikasi Kontak dengan menekan lama tombol beranda atau menggesek ke atas dari bagian bawah layar dan tahan hingga semua aplikasi yang terbuka terlihat, lalu geser 'Kontak' ke atas dan keluar dari layar.

7. Buka kembali Kontak.

8. Cari kontak yang dihapus menggunakan bilah pencarian di bagian atas layar.

Jika kontak yang dimaksud (yang baru saja kamu hapus) muncul sebagai kontak yang disarankan, kemungkinan mereka belum memblokir nomor kamu. Di sisi lain, jika mereka tidak muncul, ada kemungkinan besar mereka telah memblokir kamu.

(brl/red)