Begini cara menonaktifkan fitur pelacak aktivitas di perangkat Windows

Begini cara menonaktifkan fitur pelacak aktivitas di perangkat Windows

Techno.id - Belakangan di kalangan tech enthusiast ramai dibicarakan mengenai fitur Recall Microsoft. Fitur ini mengambil tangkapan layar dari semua yang kamu lakukan di perangkat Windows. Bahkan fitur ini sekarang Recall telah menjadi fitur keikutsertaan Windows sebagai cara mudah untuk mengawasi riwayat kamu. Namun, ini bukan pertama kalinya aktivitas pengguna di komputer Windows direkam.

Seperti yang telah ditunjukkan pengembang XDA, komputer Windows 10 dan 11 sudah berisi pelacak aktivitas, yang diperkenalkan di Windows 10 sebagai bagian dari fitur Timeline. Meski Timeline telah dihapus di Windows 11, namun pelacaknya ternyata tidak. Namun ada cara sederhana untuk melihat apakah pelacak masih ada serta diaktifkan, dan kamu dapat menonaktifkannya. Begini caranya.

Begini cara menonaktifkan fitur pelacak aktivitas di perangkat Windows foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan Windows.

2. Di kolom sebelah kiri, pilih Privasi & Keamanan.

3. Gulir ke bawah dan pilih Riwayat Aktivitas.

4. Matikan Simpan Siwayat Aktivitas Saya di perangkat ini.

5. Di bawahnya, tekan tombol Hapus riwayat untuk menghapus riwayat aktivitas kamu.

Sekarang ada dua catatan di halaman dukungan Microsoft untuk riwayat aktivitas. Yang pertama menyatakan opsi untuk mengirim riwayat aktivitas ke Microsoft telah ditinggalkan dari pembaruan Windows 11 23H2 dan 22H2, pada 23 Januari 2024.

Sedangkan yang kedua menambahkan bahwa kamu dapat menghapus riwayat secara manual, menggunakan metode di atas atau hanya menunggu riwayat aktivitas kamu akan dihapus secara otomatis dalam waktu 30 hari sejak data terakhir disinkronkan ke cloud.

Jadi, apakah kamu memutuskan untuk masuk dan menonaktifkan riwayat Aktivitas kamu secara manual atau tidak, bergantung pada seberapa besar kamu memercayai Microsoft.

(brl/red)