Begini cara menonaktifkan smartphone dari jarak jauh jika dicuri

Begini cara menonaktifkan smartphone dari jarak jauh jika dicuri

Techno.id - Kehilangan smartphone adalah pengalaman yang bikin stres. Apalagi jika mengingat data pribadi seperti kata sandi, informasi keuangan, atau foto pribadi jatuh ke tangan yang salah bisa fatal akibatnya.

Namun kamu dapat mencegahnya dengan menonaktifkan iPhone, Samsung, atau perangkat Android lainnya yang dicuri dari jarak jauh. Begini caranya.

Nonaktifkan iPhone yang dicuri menggunakan aplikasi Find My iPhone

Begini cara menonaktifkan smartphone dari jarak jauh jika dicuri foto: support.apple.com

Fitur Find My Apple menawarkan beberapa opsi untuk mengamankan perangkat jika dicuri. Salah satu opsi memungkinkan kamu menonaktifkan iPhone dari jarak jauh. Berikut cara menggunakannya.

1. Buka browser web di komputer, kunjungi halaman Find My Apple, dan masuk dengan ID Apple dan kata sandi kamu. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi Lacak di salah satu perangkat Apple lainnya untuk melakukannya.

2. Di bawah Semua Perangkat, pilih iPhone yang ingin kamu nonaktifkan.

3. Klik Tandai Sebagai Hilang. Jika perangkat kamu tidak memiliki kode sandi, maka akan diminta untuk membuatnya.

4. Klik Berikutnya lalu tekan Aktifkan untuk mengonfirmasi.

Apple juga memberi opsi untuk memasukkan nomor telepon dan pesan untuk ditampilkan di layar kunci iPhone. Namun, jika iPhone kamu dicuri, maka kamu dapat memilih untuk melewatkan penambahan informasi ini.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, Mode Hilang Apple akan diaktifkan di iPhone. Setelah itu, perangkat kamu akan terkunci dan tidak akan menampilkan pesan atau notifikasi apa pun. Cara ini juga akan menonaktifkan fitur seperti Apple Pay.

Nonaktifkan ponsel Android yang dicuri menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya

Begini cara menonaktifkan smartphone dari jarak jauh jika dicuri foto: tangkapan layar

Pengguna Android dapat menggunakan fitur Temukan Perangkat Saya Google (Google Find My Device) untuk mengamankan ponsel yang dicuri dan mencegah akses tidak sah. Perhatikan bahwa ini hanya akan berfungsi jika fitur Temukan Perangkat Saya diaktifkan di ponsel Android yang hilang. Berikut cara mengunci ponsel Android dari jarak jauh menggunakan fitur Google Temukan Perangkat Saya.

1. Buka browser web dan buka halaman Temukan Perangkat Saya.

2. Masuk menggunakan akun Google yang terkait dengan ponsel yang dicuri.

3. Tunggu hingga fitur Temukan Perangkat Saya menemukan ponsel kamu.

4. Klik opsi Perangkat aman.

5. Pilih Perangkat aman untuk mengonfirmasi.

Ponsel Android kamu yang dicuri akan dikunci dengan PIN atau kata sandi layar kunci yang ada. Jika ponsel tidak memiliki satu set pengaman, kamu akan diminta untuk membuatnya. Selain itu, akun Google kamu akan dihapus dari ponsel. Jangan khawatir, kamu masih dapat melacak lokasi ponsel setelah itu.

Nonaktifkan Ponsel Samsung yang dicuri menggunakan SmartThings Find

Begini cara menonaktifkan smartphone dari jarak jauh jika dicuri foto: tangkapan layar

Jika kamu perlu menonaktifkan ponsel Galaxy yang dicuri dan tidak dapat mengakses Find My Device Google, kamu juga dapat menggunakan SmartThings Find Samsung. Perlu diingat bahwa metode ini hanya akan berfungsi jika ponsel Galaxy kamu yang hilang masuk ke akun Samsung. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti.

1. Buka browser web di ponsel atau komputer dan kunjungi halaman SmartThings Find.

2. Masuk dengan akun Samsung yang sama dengan yang kamu gunakan di ponsel yang dicuri.

3. Pilih ponsel yang dicuri dari daftar perangkat saya.

4. Klik opsi Mode hilang.

5. Klik Aktifkan untuk melanjutkan.

6. Buat PIN 4-8 digit untuk digunakan saat kamu menemukan ponsel tersebut.

7. Secara opsional, kamu dapat memasukkan nomor telepon dan pesan yang ditampilkan di layar kunci ponsel.

8. Klik Aktifkan untuk mengonfirmasi.

Setelah mengaktifkan Mode Hilang, ponsel Samsung kamu akan dikunci dengan kode, dan semua informasi pribadi kamu serta kartu pembayaran yang disimpan akan diamankan.

Mengetahui cara menonaktifkan ponsel cerdas dari jarak jauh dapat membantu melindungi privasi kamu dalam situasi yang tidak menguntungkan. Namun, jika kamu yakin tidak akan memulihkan perangkat, kamu juga dapat menghapus sepenuhnya menggunakan layanan yang disebutkan di atas.

(brl/red)