Berapa lama MacBook Pro biasanya bertahan? Begini penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya  

Berapa lama MacBook Pro biasanya bertahan? Begini penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya  

Techno.id - Pada 2006, Apple meluncurkan MacBook Pro pertama, yang ditata sendiri sebagai notebook Mac pertama yang didasarkan pada prosesor Intel. Pada saat itu, Apple mengumumkan banyak fitur yang belum pernah terlihat sebelumnya, mekanisme pengisian daya MagSafe, dan bodi tertutup aluminium seberat sekitar 2,54 kg yang rapi.

Sejak itu, MacBook Pro telah melalui facelift, peningkatan fitur, dan power up yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama dengan munculnya Apple Silicon. Namun, hampir dua dekade berlalu, satu hal yang tidak berubah, jutaan pengguna masih bertaruh bahwa perangkat tersebut tetap akan menjadi pendamping sempurna untuk kebutuhan pribadi atau profesional mereka. Alasannya, MacBook Pro diyakini bertahan lebih lama.

Dengan begitu banyak cara untuk menyesuaikan MacBook, tidak heran mengapa perangkat tersebut tetap menjadi primadona dalam ekosistem Apple. Apalagi bagi sebagian besar pengguna, laptop sering dipandang sebagai investasi yang seharusnya bertahan selama beberapa tahun.

Penjelasan masa pakai MacBook Pro

Berapa lama MacBook Pro biasanya bertahan? Begini penjelasan dan cara memperpanjang masa pakainya foto: freepik/wayhomestudio

Apple tidak secara resmi membagikan informasi berapa lama setiap model MacBook Pro dapat digunakan. Bergantung pada perangkat, lokasi, dan akses ke suku cadang perbaikan, Apple berbagi bahwa pengguna harus mengharapkan akses ke dukungan perbaikan resmi setidaknya selama lima tahun setelah perangkat kamu terakhir didistribusikan di platform resminya. Karena itu, model MacBook Pro apa pun yang tidak lagi dijual di toko resmi untuk periode tersebut dianggap vintage.

Per Agustus 2024, ada sembilan model MacBook Pro yang saat ini terdaftar sebagai vintage dengan yang terbaru adalah MacBook Pro (13 inci, 2019, 4 TBT3). Di sisi lain, setelah model MacBook Pro kamu yang dihentikan mencapai kategori usang atau tujuh tahun setelah dihentikan, kamu pada dasarnya berisiko mendapat bantuan dari pusat perbaikan yang tidak sah.

Banyak pemilik laptop MacBook mendapat bantuan perbaikan untuk masalah baterai hingga 10 tahun, tetapi semua perangkat keras dan perbaikan lainnya tidak akan lagi didukung. Pada Agustus 2024, MacBook Pro terbaru yang bergabung dengan daftar usang adalah MacBook Pro Retina, 15 inci, pertengahan 2014.

Nah secara umum, para ahli terbagi tentang berapa lama laptop MacBook Pro dapat diharapkan bertahan, terutama karena ada begitu banyak faktor yang berperan. Misalnya, gaya hidup pengguna, cara mereka menggunakannya, dan kemampuan perbaikan model laptop tertentu dapat memengaruhi berapa lama pengguna dapat menjaganya tetap berjalan dan masa pakainya yang diharapkan. Sejumlah ahli mengklaim MacBook dapat bertahan rata-rata 5,5 tahun, jadi itu lebih dari cukup.

(brl/red)