Bisakah mentransfer kartu SIM Android ke iPhone? Begini penjelasan dan cara melakukannya

Bisakah mentransfer kartu SIM Android ke iPhone? Begini penjelasan dan cara melakukannya

Techno.id - Sudah bukan rahasia lagi jika iPhone dinilai sebagai smartphone yang memiliki fitur dan teknologi mumpuni, termasuk layanan purna jual yang kredibel. Tidak heran jika banyak pengguna yang menjadikan iPhone sebagai daily driver mereka.

Nah jika kamu adalah pengguna Android dan ingin beralih ke iPhone baru, kamu dapat mentransfer teks dengan mudah, kontak, dan jenis konten lainnya. Namun bisakah tetap menggunakan kartu SIM Android di iPhone baru? Jawaban untuk ini tergantung pada beberapa hal.

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan kartu SIM ponsel Android di iPhone

Bisakah mentransfer kartu SIM Android ke iPhone? Begini penjelasan dan cara melakukannya foto: freepik/norgal

Sebelum melanjutkan, penting untuk mencatat jenis SIM yang dimiliki ponsel Android. Ada kartu SIM fisik yang mengharuskan perangkat seluler dilengkapi dengan slot kartu SIM. Ada juga SIM tertanam (eSIM) yang pada dasarnya adalah versi digital dari kartu SIM fisik. Keduanya harus berfungsi di iPhone tetapi akan tergantung pada model yang kamu alihkan.

Mengenai hal itu, di mana kamu membeli iPhone baru juga penting untuk proses pergantian ponsel. Sebab di beberapa negara, sebut saja Amerika Serikat (AS), model iPhone terakhir yang dilengkapi dengan slot kartu SIM adalah iPhone 14. Artinya, kamu bisa terus menggunakan kartu SIM fisik dengan model ini di AS.

Jika kamu berada di AS dan ingin menggunakan iPhone 15, maka harus mengubah kartu SIM fisik dan beralih menggunakan eSIM. Namun, di luar AS, model iPhone 15 mungkin masih dilengkapi dengan baki kartu SIM fisik. Jadi, jika membeli gadget tersebut, kamu memiliki opsi untuk menggunakan kartu SIM fisik serta eSIM, asalkan ukuran kartu SIM sesuai dengan yang diperlukan iPhone.

Terakhir, mentransfer SIM akan tergantung pada apakah iPhone baru kamu tidak terkunci. Jika kamu membeli iPhone baru melalui penyedia layanan seluler tertentu, kamu hanya dapat menggunakan SIM yang disediakan perusahaan yang sama, kecuali jika kamu meminta operator untuk membuka kunci iPhone tersebut.

Cara mentransfer SIM fisik dari ponsel Android ke iPhone

Bisakah mentransfer kartu SIM Android ke iPhone? Begini penjelasan dan cara melakukannya foto: freepik/kuprevich

Asalkan jenis SIM kamu kompatibel dengan iPhone baru, proses mentransfernya dari perangkat Android seharusnya cukup mudah. Namun, sebelum melakukannya, sangat penting mencadangkan semua data di ponsel Android lama. Cara sederhana untuk melakukan ini adalah dengan memanfaatkan Penyimpanan gratis 15 GB akun Google untuk menyimpan kontak, foto, video, aplikasi, dan sejenisnya.

Jika membutuhkan sedikit lebih banyak ruang, pertimbangkan untuk membeli ruang penyimpanan tambahan melalui Google One. Selain itu, jangan menghapus data dari ponsel Android sampai kamu dapat mengonfirmasi bahwa proses transfer data ke iPhone telah selesai.

Dengan asumsi kamu berhasil mencadangkan semua informasi terkait yang tersimpan di perangkat Android secara elektronik, kamu kemudian dapat melanjutkan dengan mengalihkan SIM ke iPhone baru. Jika itu adalah SIM fisik, cukup keluarkan dari perangkat Android dan masukkan ke iPhone baru yang memiliki slot kartu SIM fisik.

Jika ukuran SIM fisik kamu saat ini tidak sesuai dengan persyaratan iPhone, minta SIM fisik baru dari operator dengan ukuran yang tepat atau gunakan pemotong SIM profesional untuk memangkasnya.

Jika berencana beralih ke iPhone yang tidak memiliki baki kartu SIM internal, kamu dapat memeriksa apakah perangkat Android dan operator telepon kamu mendukung konversi SIM fisik ke eSIM.

(brl/red)